#IbuBerbagiBijak Jangkau Lebih dari 200.000 IRT

Visa terus dukung program SiMOLEK OJK dengan mendonasikan komik literasi keuangan berjudul Guardians of the Galaxy.
, Majalah Kartini | 18/12/2017 - 15:03


MajalahKartini.co.id – Program Literasi Keuangan #IbuBerbagiBijak 2017 Visa telah menjangkau lebih dari 200.000 ibu rumah tangga di seluruh Indonesia. Hari ini, Senin (18/12) perusahaan pembayaran digital ini baru saja mengakhiri program yang diadakan dalam rangka memberdayakan dan mendorong para perempuan untuk berbagi pengetahuan literasi keuangan.

Program ini merupakan hasil kolaborasi Visa bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyasar para ibu rumah tangga dan wanita karir yang tinggal di kota besar di Indonesia. Mengusung konsep train the trainer, program ini memberdayakan dan mendorong para perempuan untuk memberikan edukasi keuangan kepada kerabat dekat, anggota keluarga, maupun tetangga. Serta berbagi pengetahuan literasi keuangan melalui serangkaian aktivititas seperti lomba video dan foto melalui akun @IbuBerbagiBijak di Instagram.

Dalam waktu kurang dari lima bulan, akun @IbuBerbagiBijak mencapai lebih dari 33.000 follower, lebih dari 75 video dan 152 foto dari peserta kompetisi, dan tiga kali menjadi trending topic di Twitter selama program berlangsung.

Adhe Hapsari selaku perwakilan dari Visa yang memimpin program pendidikan keuangan di Indonesia mengatakan pihaknya telah menjadi yang terdepan di sektor swasta dalam pengembangan program literasi keuangan yang inovatif dan bebas biaya untuk membantu masyarakat mempelajari dasar-dasar keuangan pribadi secara efektif.

“Kami juga memahami bahwa masyarakat jaman sekarang sangat dekat dengan sosial media, oleh karena itu kami memanfaatkan kekuatan sosial media untuk berbagi pengetahuan keuangan melalui #IbuBerbagiBijak,” kata Adhe dalam siaran persnya.

Program ini, kata dia dimulai dengan serangkaian kegiatan lokakarya (workshop) dalam rangka melengkapi perempuan dengan keterampilan manajemen keuangan yang benar dan juga melibatkan komunitas blogger yang telah mempublikasikan 94 artikel, mencapai lebih dari 90,000 pageviews, serta menjangkau lebih dari 200.000 perempuan dan ibu rumah tangga di Indonesia.

Visa juga menerbitkan sebuah buklet berisi beragam informasi literasi keuangan yang dikutip dari practicalmoneyskills.com (sebuah website interaktif milik Visa yang merupakan sumber edukasi untuk membantu individu dan masyarakat dalam membangun masa depan finansial yang lebih baik) dan juga dari buku-buku literasi keuangan lainnya yang diterbitkan oleh OJK.

Tirta Segara selaku Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen mengatakan, Ibu Rumah Tangga merupakan Menteri Keuangan keluarga. Mereka umumnya bertanggung jawab mengelola keuangan keluarga. Dalam Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI), OJK telah menempatkan Ibu Rumah Tangga sebagai salah satu kelompok prioritas edukasi keuangan.

“Oleh karena itu, OJK sangat mendukung dan mengapresiasi program #IbuBerbagiBijak yg dilaksanakan oleh Visa. Semoga edukasi keuangan untuk Ibu Rumah Tangga ini akan membawa kesehatan keuangan setiap keluarga di Indonesia dan kesehatan keuangan negara secara keseluruhan,” jelas Tirta.

Selain program #IbuBerbagiBijak, Visa juga mendonasikan 5.000 komik Marvel edisi khusus berjudul “Guardians of the Galaxy: Rocket’s Powerful Plan.” Komik tersebut menghadirkan karakter superhero ikonik dari Marvel dan menggabungkannya dengan pengetahuan literasi keuangan Visa dalam rangka memperkenalkan konsep manajemen keuangan dasar kepada para pembaca muda.

“Komik tersebut akan tersedia di Mobil Literasi Keuangan (SIMOLEK) yang diprakarsai oleh OJK. Saat ini OJK memiliki 41 unit SiMOLEK yang tersebar di 9 Kantor Regional dan 26 kantor OJK,” lanjutnya. Adhe Hapsari menambahkan, komik ini merupakan cara yang menyenangkan bagi anak-anak dalam mempelajari keuangan pribadi, dan SiMOLEK merupakan tempat yang ideal untuk menghadirkan komik ini. “Kami sangat bangga dapat menyediakan sarana untuk membantu anak-anak mengambil keputusan finansial yang bijak sejak dini,” tutup Adhe. (Foto : Visa)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: