Begini Cara Amankan Gaji Agar Tidak Cepat Habis

Kebiasaan menghabiskan gaji bulanan dapat diminimalkan dengan cara ini.
, Majalah Kartini | 11/11/2017 - 10:16

MajalahKartini.co.id – Anda pasti punya kebiasaan menghabiskan uang untuk membahagiakan diri atau menghadiahi diri sendiri atas kerja keras yang sudah dilakukan. Namun kebiasaan ini jika tidak diatasi akan membuat Anda susah sendiri kedepannya. Keinginan yang terus dituruti ini selain membuat uang Anda habis, kebiasaan ini juga tak mungkin hilang.

Berikut tips untuk menjaga gaji tidak cepat habis dan beberapa kebiasaan yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Segera lunasi hutang

Semakin Anda cepat melunasi hutang, semakin cepat pula Anda bisa menabung untuk mengamankan uang di masa mendatang. Semakin cepat dilunasi, semakin sedikit pula jumlah bunga yang perlu Anda bayarkan. Kalau Anda memiliki beberapa hutang, prioritaskan membayar hutang dengan bunga paling besar. Jangan lupa juga melunasi hutang dari saudara, teman atau rekan kerja Anda. Anda tidak mau kan hubungan Anda dengan orang terdekat menjadi renggang hanya karena masalah uang?

2. Siapkan pos-pos keuangan

Jika gaji Anda naik, mulailah berpikir untuk menabung dana pensiun atau dana pendidikan anak. Kebiasaan ini tidak kalah penting karena dengan menabung maka nanti akan membantu kehidupan Anda. Misalkan saja lewat Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang ada di bank-bank maupun perusahan asuransi jiwa.

3. Pertahankan gaya hidup

Biasanya gaji naik, gaya hidup Anda ikut berubah. Hal seperti ini harus dihindari karena dengan perubahan gaya hidup tersebut dapat membuat Anda semakin melarat. Ada baiknya jika Anda sudah biasa makan murah, pertahankan gaya hidup tersebut. Tidak masalah sesekali membeli barang atau makan mahal asalkan anggaran Anda mencukupi.

4. Berinvestasi

Tentu Anda pasti ingin memiliki pemasukan tambahan dibanding hanya gaji bulanan saja. Hal itu bisa dilakukan dengan mulai berinvestasi. Carilah investasi yang mungkin cocok dengan Anda. Daripada menghabiskan uang untuk hal yang konsumtif, lebih baik menambah pemasukan lewat investasi.

5. Dana darurat

Untuk menjaga agar tidak terjadi masalah yang akan menghabiskan gaji bulan Anda, ada baiknya menyiapkan diri dengan dana darurat. Seperti tiba-tiba kendaraan Anda mogok dan butuh biaya perbaikan, ponselmu rusak dan harus ganti baru dan lain-lain. Daripada menambah hutang lebih baik Anda menyiapkan dana darurat dari sekarang. (Cindy/Foto: Ilustrasi)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: