Agar Tabungan Tak Kosong Usai Liburan

Membuat anggaran sebelum liburan sangat penting agar tak kebobolan.
, Majalah Kartini | 22/03/2017 - 19:43

Agar Tabungan Tak Kosong Usai Liburan

MajalahKartini.co.id – Liburan sangat dibutuhkan ketika Anda merasa sudah sangat penat dengan segala rutinitas yang ada. Dengan liburan tentu tubuh Anda akan kembali segar dan bersemangat mengerjakan segala pekerjaan. Banyak cara yang bisa Anda pilih untuk liburan, mulai dari traveling ke tempat ekstrem, jalan-jalan sekedar santai atau menikmati keindahan alam.

Untuk mengatur liburan menyenangkan Anda yang perlu diperhatikan yakni pengelolaan keuangan. Anda tentu membutuhkan budget yang sesuai dengan kebutuhan liburan Anda. dan satu yang perlu Anda pikirkan yakni keuangan setelah liburan. Jangan sampai liburan selesai, tabungan Anda justru kosong dan membuat Anda kembali pusing.

Bagaimana mengatasinya? Anda hanya perlu mengetahui cara berlibur dengan bijak sehingga keuangan tetap aman dan tidak menipis setelah menikmati liburan. Dikutip dari Cermati.com, berikut langkahnya.

1. Disiplin mengatur anggaran

Inilah poin paling penting, yakni menyusun atau menetapkan anggaran sebelum berangkat untuk liburan. Rincilah setiap anggaran yang diperlukan selama liburan. Dimulai dari biaya transportasi, akomodasi, uang makan hingga anggaran tiket masuk ke tempat wisata.

Dengan adanya daftar anggaran tersebut, Anda bisa mengontrol pengeluaran dengan lebih mudah ketika berlibur. Sehingga uang tidak habis begitu saja. Kemudian Anda juga bisa membuat pos tersendiri untuk dana liburan supaya tidak mengganggu kebutuhan Anda yang lain.

2. Pandai mengontrol biaya dan batasi pengeluaran di salah satu bagian

Saat berlibur, tentukan prioritas sehigga Anda bisa lebih mudah mengontrol biaya dan bisa mebatasi pengeluaran di pos tertentu serta mengalokasikannya ke pos kebutuhan lain. Contoh ketika Anda berencana untuk wisata belanja, maka dapat memberikan anggaran lebih untuk belanja. Konsekuensinya tentu saja membatasi anggaran di pos yang lain. Namun bila Anda lebih memilih berbelanja seharian maka dapat memilih hotel dengan budget yang nyaman dan tidak perlu dengan fasilitas yang berlebihan karena sebagian besar waktu akan dihabiskan di luar. Tak hanya itu, pilih tempat makan yang lebih ramah di kantong namun tetap bersih dan lezat.

3. Rajin mencari harga murah dan promo

Ketika Anda ingin berbelanja saat liburan tentunya harga barang yang dijual akan jauh lebih mahal karena merupakan tempat wisata. Dengan begitu Anda bisa membawa bekal untuk dibawa ke tempat wisata.

Untuk membeli oleh-oleh pergilah ke pusat oleh-oleh yang menawarkan banyak pilihan produk. Agar anggaran biaya bisa hemat, Anda bisa mencari promo baik untuk tiket. Akomodasi, maupun tempat makan. Harga miring atau promo akan lebih mudah ditemui pada low season. Namun meskipun begitu tetaplah cermat dalam mengamati promo karena siapa tahu Anda beruntung bisa mendapatkan promo meski saat di puncak liburan.

4. Hindari belanja yang tidak perlu

Pergi berlibur ke tempat baru, terkadang Anda merasa ingin membeli berbagai hal yang menarik karena terkesan dengan keunikan barang tersebut. meski begitu sebaiknya pertimbangkan lagi apakah Anda benar-benar membutuhkan hal tersebut? sering kali terjadi banyak barang yang diborong saat liburan namun ketika sampai dirumah justru tidak dipakai.

Sama halnya ketika Anda membeli buah tangan, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelikan keluarga atau teman dekat saja, sehingg adana yang ada tidak terkuras untuk membeli oleh-oleh yang berlebihan.

5. Hindari penggunaan pembayaran non tunai

Menggunakan kartu debet atau kredit saat liburan akan memiliki potensi pengeluaran yang membengkak. Hal ini karena Anda mengurangi kontrol Anda saat mengeluarkan uang. Anda tidak merasa benar-benar mengeluarkan uang sehingga menggesek kartu terasa lebih ringan.

Dengan menggesek kartu akan berpotensi keuangan yang jebol. Anggaran yang sudah disusun pun akan berantakan. Sebaiknya saat liburan selalu membayar tunai sehingga bisa mengontrol dan mencatat pengluaran pada saat liburan. (Foto: The Huffington Post)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: