Tips Percaya Diri Berbahasa Inggris di Dunia Kerja

Banyak hal dapat Anda capai seperti meningkatkan karir.
, Majalah Kartini | 23/01/2018 - 15:08

MajalahKartini.co.id – Awal tahun yang baru menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk merefleksikan apa saja yang sudah dicapai tahun sebelumnya dan membuat target yang akan dicapai di tahun 2018. Salah satu hal yang bisa dijadikan target di 2018 adalah meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris. Dengan meningkatnya kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris, banyak hal dapat Anda capai seperti meningkatkan karir, melanjutkan studi atau berlibur ke luar negeri, dan masih banyak lagi.

Hanny Sanjaya, Head of Marketing British Council Indonesia Foundation mengatakan dalam berkarir, mampu berkomunikasi dalam Bahasa Inggris tentunya menjadi sebuah nilai tambahan tersendiri yang dapat meningkatkan tingkat karir dan kompetensi seseorang. “Sama halnya untuk para mahasiswa, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik akan sangat membantu mereka dalam mendapatkan nilai yang baik maupun untuk mengejar gelar dari luar negeri,” katanya dalam siaran pers yang diterima majalahkartini.co.id.

Lancar menulis dalam bahasa Inggris tidaklah cukup untuk dapat bersaing di dunia kerja maupun di universitas. “Speaking dan melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris juga merupakan sebuah aspek yang penting,” ujar Hanny.

Lebih lanjut ia mengatakan, ketika Anda dapat membawakan presentasi dan berkomunikasi dengan rekan kerja dari luar Indonesia dalam Bahasa Inggris dengan lancar tanpa ada kesalahan pelafalan kata, tentunya Anda akan terlihat lebih profesional dan berkompeten sehingga dapat lebih dipercaya.

“Untuk para mahasiswa, akan menjadi nilai plus jika Anda dapat membawakan presentasi dalam Bahasa Inggris yang lancar dan dapat menyampaikan pesan yang dimengerti oleh dosen,” katanya.

Jika tidak lancar berbahasa Inggris, tentunya akan mengalami beberapa kejadian seperti salah pelafalan atau salah penggunaaan kosakata. Hal ini mungkin sepele namun dalam dunia kerja dan akademis, Anda akan terlihat kurang profesional dan kurang siap.

Dalam mempelajari sebuah Bahasa tentunya akan terdapat beberapa tantangan. Tapi tidak ada yang lebih merugikan daripada ketidakpercayaan Anda sendiri. Berikut adalah beberapa tips dari British Council Indonesia Foundation yang dapat membantu para profesional dan para mahasiswa meraih #myEnglishSuccess dalam meningkatkan kepercayaan diri ketika berbicara dan presentasi dalam Bahasa Inggris:

1. Dengar dan Ulangi
Salah satu cara yang paling mengasyikan dan menghibur dalam meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengar Bahasa Inggris adalah dengan mempraktikkan dialog atau material dari film, acara televisi atau saluran Youtube favorit Anda.

Aktifkan lah subtitle Bahasa Inggris sehingga Anda bisa mengidentifikasi setiap kata. Putar ulang percakapan mereka berulang kali jika diperlukan. Untuk mahasiswa, catat atau rekam perkataan dosen di kelas. Ulangi apa saja yang mereka katakan dan catat kata-kata yang tidak kalian mengerti. Lalu, cari tahu mengenai perkataan tesebut, dapat melalui Google maupun bertanya langsung ke teman kelas dan dosen bersangkutan.

Bagi para profesional, Anda dapat berlatih dengan mendengarkan video-video mengenai bisnis yang dapat diakses secara Online. Hal ini juga dapat membantu Anda dalam menambah kosakata yang dapat Anda gunakan ketika akan melakukan presentasi dalam Bahasa Inggris.

2. Cari teman berlatih
Carilah teman yang sama-sama ingin lebih percaya diri berbahasa Inggris. Ketika sedang hang out, implementasikan peraturan “English Only” selama satu atau dua jam dimana setiap orang hanya boleh berbicara dalam Bahasa Inggris. Teman yang mendukung akan membuat Anda lebih merasa nyaman untuk berbicara bahasa Inggris tanpa disertai rasa tidak percaya diri.

Bagi para profesional maupun mahasiswa, coba terapkan hal ini ketika sedang berdiskusi atau brainstorming. Kelancaran Anda dalam berbicara Bahasa Inggris maupun presentasi akan meningkat jika dalam proses persiapannya Anda sudah terbiasa berpikir langsung dalam Bahasa Inggris.

3. Membaca dengan Keras
Alokasikan 30 menit waktumu setiap hari untuk membaca baik novel atau buku non-fiksi, dan 30 menit lainnya untuk membacanya dengan keras. Ini adalah cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan membacamu sekaligus mempraktikan pelafalan dalam Bahasa Inggris, baik itu intonasi berbagai kata maupun panjang kalimat. Gunakan kamus, Google, atau Youtube jika tidak yakin bagaimana mengucapkan kata tertentu.

4. Jangan takut membuat kesalahan
Ingat: tidak apa-apa untuk membuat kesalahan. Jika kamu kesusahan dalam mengucapkan kalimat Bahasa Inggris yang panjang dan sulit, berhenti sejenak dan ambil napas, lalu lanjut lagi berbicara. Kenyataan bahwa kamu berkomunikasi dengan Bahasa yang bukan Bahasa ibumu sudah menjadi alasan yang cukup untuk bangga akan pencapaianmu.(Foto : Pixabay).

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: