Empat Cara Agar Anda Tidak Lagi Telat Masuk Kantor!

Riset menunjukkan bahwa satu dari lima orang datang terlambat ke kantor setiap minggunya.
, Majalah Kartini | 17/10/2018 - 09:00

MajalahKartini.co.id – Pernahkah Anda terlambat masuk kerja? Mungkin bukan masalah besar jika datang ke kantor terlambat sesekali. Tapi, jika Anda terus menerus datang terlambat ke kantor, waktu yang Anda miliki untuk bekerja di kantor akan berkurang dan Anda pun bisa mendapat teguran dari atasan.

Nah, agar Anda bisa datang tepat waktu atau on-time ke kantor, simaklah beberapa tips berikut:

● Bangun lebih awal

Bila anda bisa bangun lebih awal di pagi hari, anda dapat bersiap-siap lebih awal dan bisa berangkat lebih cepat. Berdasarkan riset oleh Dr. Joerg Huber dari Roehampton University London, bangun lebih pagi akan membuat tingkat stresmu menurun dan membuat perasaan lebih bahagia sepanjang hari. anda juga dapat menghindari bersiap-siap dengan terburu-buru. Agar lebih mudah bagi anda untuk bangun lebih pagi, coba atur jadwal tidur anda supaya bisa cukup beristirahat dan bangun lebih awal.

● Berangkat dari rumah lebih awal

Di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, kemacetan tidak dapat dihindari. Bahkan di hari-hari tertentu, kemacetan di jalan bisa lebih parah. Riset dari Uber menunjukkan bahwa rata-rata warga Jakarta terjebak di kemacetan selama 1 jam 8 menit setiap harinya. Satu hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi hal ini adalah untuk berangkat kerja lebih awal. Biasakan untuk tidak berangkat dari rumah pada jam yang pas-pasan. Adalah hal yang baik untuk selalu hadir setidaknya 10 menit lebih awal. Jadwalkan pertemuan Anda yang ada di jam 13.00 menjadi jam 12.50 agar anda bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu.

● Persiapkan perlengkapan kerja di malam sebelumnya

Dengan mempersiapkan perlengkapan kerja di malam sebelumnya, anda dapat lebih santai di pagi hari karena semua kebutuhan untuk ke kantor sudah siap. Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu di pagi hari untuk mencari barang-barang yang akan anda bawa atau gunakan ke kantor.

 

● Bersiap untuk hal-hal yang tak terduga

Selalu tambahkan waktu lebih sebanyak 25% dari perkiraan waktu yang anda butuhkan untuk mencapai suatu tempat. Jika menurut anda diperlukan waktu 30 menit untuk sampai ke kantor, berikan diri Anda waktu 40 menit untuk berangkat ke kantor. Jika anda membutuhkan waktu 15 menit untuk bersiap-siap ke kantor, berikan diri Anda waktu 20 menit. Dengan begitu, anda bisa selalu tiba di kantor lebih awal dan juga bisa siap untuk bekerja sebelum waktu yang ditentukan. anda juga tidak akan terlambat apabila terjadi hal-hal yang tak terduga di perjalanan ke kantor. (*)

 

Tags: ,

BAGIKAN HALAMAN INI: