Pekerjaan Ini Bisa Dilakukan oleh ‘Mama Muda’

Ternyata ibu rumah tangga juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah.
, Majalah Kartini | 24/01/2017 - 14:43

Pekerjaan Ini Bisa Dilakukan oleh ‘Mama Muda’

MajalahKartini.co.id – Menjadi seorang ibu memang di tuntut bekerja mengurus keluarga di rumah. Tetapi meskipun begitu, menjadi seorang ibu rumah tangga dan hanya berada di rumah bukan bearti Anda harus berhenti bekerja dan tidak memiliki penghasilan. Bagi Anda ibu muda yang masih ingin memiliki pendapatan sendiri, ada beberapa pekerjaan yang dapat dilakukan di sela-sela waktu Anda mengurus keluarga di rumah. Pekerjaan ini bisa diambil dari hobi Anda.

Pastikan pula untuk memilih jenis bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan minat, karena hal ini akan memengaruhi keberhasilan bisnis tersebut. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ‘mama muda’ seperti  yang dilansir dari laman cermati.com.

1. Penulis Lepas

Bukan hanya bakat yang dibutuhkan tetapi juga minat. Karena tidak mungkin mengembangkan bakat Anda menjadi sumber uang bila tidak memiliki minat untuk mengembangkannya. Salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan ibu rumah tangga untuk mendapat penghasilan lebih yakni dengan menjadi penulis lepas.

Jika Anda hobi dan minat dalam menulis, akan memberi Anda banyak peluang untuk menghasilkan uang. Anda dapat memulainya dengan bekerja freelance sebagai penulis di berbagai media. Saat ini banyak situs marketplace yang menawarkan pekerjaan di bidang menulis dan Anda hanya perlu waktu singkat untuk mendapatkan pekerjaan di sana.

Selain itu, Anda juga bisa terjun ke dunia sastra yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan karya seperti novel, cerpen dan juga puisi. Jangan menganggap remeh pekerjaan di bidang ini, karena jika karya Anda bia diterima pasar dengan baik, tentu Anda akan menghasilkan pundi-pundi uang yang lumayan melalui pembayaran royalti.

2. Membuka Jasa Katering

Bisnis lain yang bisa Anda kembangkan menjadi bisnis rumahan adalah membuka jasa katering. Apalagi jika Anda memiliki hobi memasak. Bisnis ini bisa dimulai dengan cara menerima pesanan dari orang-orang terdekat Anda, seperti tetangga, kerabat, teman dan juga kenalan Anda.

Jika Anda ingin melebarkan sayap, Anda juga bisa menerima katering dari kantor-kantor yang pada umumnya akan bersifat kerja sama jangka panjang dan rutin selama sepekan. Jika Anda menekuni bisnis ini tentu saja akan sangat menjanjikan. Dan jangan kaget bila suatu hari harus merekrut beberapa tenaga tambahan di dalam menjalankan bisnis katering ini.

3. Bisnis Kerajinan Tangan

Hobi merajut,merangkai bunga atau membuat kerajinan tangan dapat dimanfaatkan sebagai lahan bisnis rumahan yang menghasilkan. Selain memanfaatkan hobi, Anda juga bisa memanfaatkan jaringan internet untuk mempermudah pemasaran produk. Ada banyak jenis kerajinan yang dapat dibuat dan mudah Anda pasarkan melalui berbagai media sosial yang Anda miliki. Jika Anda mampu mencari peluang, kemungkinan Anda dapat menjalankan bisnis kerajinan tangan ini sebuah bisnis berskala besar. Kunci nya Anda harus memiliki keunikan dan kualitas yang baik dala setiap hasil kerajinan tangan yang Anda buat.

4. Bisnis Online

Bisnis online juga dijalankan oleh ibu rumah tangga. Bisnis ini bisa dijalankan secara instan tanpa membutuhkan produk yang Anda hasilkan. Anda cukup jadi seorang reseller bagi banyak produk-produk yang dipasarkan melalui sosial media dan Anda akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil Anda jual. Jika Anda aktif dan memiliki keterampilan di bidang pemasaran internet atau sosial media, maka tak ada salahnya membuat toko online sendiri dan mengelolanya secara profesional. Hal ini akan lebih menguntungkan.

5. Order Jahitan

Keterampilan khusus ini mungkin jarang orang yang bisa melakukannya. Anda akan cukup beruntung bila ternyata memiliki kemampuan menjahit ini. Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menerima jahitan dari orang-orang sekitar rumah, bahkan dari teman-teman dan kerabat Anda. Bisnis ini akan menjanjikan jika Anda melakoninya dengan serius. Karena ongkos jahit sepotong baju tidaklah murah. (Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: