Kenali 10 Tanda Jika Anda Jadi Korban Bullying di Kantor

Perlu diketahui bahwa perilaku bullying memang tidak mudah segera disadari dampaknya.
, Majalah Kartini | 07/10/2016 - 13:30

MajalahKartini.co.id – Praktik bullying identik sering terjadi di lingkungan sekolah, namun hal tersebut bisa juga terjadi di lingkungan dunia pekerjaan. Biasanya bullying atau intimidasi di tempat kerja dilakukan oleh mereka yang senior memiliki wilayah kekuasaan dan otoritas yang besar. Seperti atasan kepada bawahan, senior kepada junior, atau teman yang setara tapi dianggap lemah.

Nah, berikut ini adalah 10 tanda kamu korban bullying di kantor, yang membantu agar kamu memahami apakah kamu menjadi korban bullying atau tidak:

1. Bias yang Jelas
Rekan kerja dalam satu tim menerima proyek dengan perlakuan istimewa, tunjangan perjalanan, dan waktu luang. Sementara itu, kamu menemukan bahwa sebagian besar dari permintaan kamu dalam jalur yang sama ditolak tanpa penjelasan yang masuk akal.

2. Tidak Diperhitungkan
Katakanlah kamu sudah diberikan arahan dengan tujuan tertentu, tujuan akhir, dan tenggat waktu. Kamu bekerja keras dan fokus untuk mengerjakannya. Tetapi, tiba-tiba ada perubahan arah dalam proyek tersebut. Kemajuan kamu tidak dirayakan atau diterapkan pada proyek baru, bahkan tidak diperhitungkan kembali.

3. Semua Keputusan Dipertanyakan
Kamu terus-menerus dibombardir. Semua keputusan yang kamu ambil dianggap tidak dapat dipercaya. Atasan dan rekan kerja lebih banyak memberitahu kamu apa yang harus dilakukan. Kamu selalu saja dianggap salah, tidak kompeten dalam bekerja, dan kemampuan pengambilan keputusan kamu tidak membuahkan hasil yang baik.

4. Terasing Secara Sosial
Ini adalah salah satu dari 10 tanda kamu korban bullying di tempatmu bekerja. Didalam pertemuan tiba-tiba, kamu dikeluarkan secara tidak hormat. Rekan kerja lebih cenderung membahas pekerjaan sebelum kedatangan kamu. Kamu tidak ditandai pada e-mail penting. Rekan kerja cenderung menghindari serta lebih menjaga interaksi dengan kamu. Kamu juga tidak lagi diundang dalam acara dari teman-teman mu bekerja walau hanya sekedar minum.

5. Sasaran Kesalahan
Seringkali, ketika kamu membuat komentar, saran, atau pendapatan tidak selalu disetujui, seketika sejumlah rekan kerja langsung menanggapi komentar kamu. Tidak peduli apakah pendapat kamu benar atau salah, intinya rekan kerja yang mem-bullyingin membuktikan bahwa komentar yang kamu lontarkan adalah salah.

6. Kesehatan Terganggu
Tindakan bullying ternyata dapat menyebabkan depresi, kecemasan, serangan panik, dan perubahan suasana hati kalian. Ada gejala fisik seperti peningkatan tekanan darah, detak jantung yang cepat, dan kehilangan nafsu makan atau bisa saja makan berlebihan. Ini merupakan tanda-tanda fisik yang muncul akibat praktek bullying di tempat kerja.

7. Mengalami Kekerasan Verbal
Kamu sering menjadi sasaran negatif, seperti mendapat bahasa kasar dan sering ditegur di depan teman seluruh kantor sehingga km dipermalukan. Bahkan kamu menjadi bahan becanda kasar oleh rekan kerja, yang membuat kamu menjadi tidak nyaman dan mengalami intimidasi verbal.

8. Pekerjaan Berkurang
Dedikasi kamu untuk pekerjaan tidak diakui oleh atasan kamu atau tugas yang biasa km kerjakan diberikan pekerjaannya kepada rekan kerja oleh atasanmu.

9. Sering Dikritik
Sering kali kita menerima kritikan tanpa membangun jati diri merupakan salah satu dari 10 tanda kamu korban bullying di kantor. Tampaknya di mata atasan, kamu tidak efektif , dan tidak profesional. Umpan balik selalu diberikan dalam bentuk kritik dan disampaikan dengan cara yang membuat kamu merasa buruk tentang diri kamu sendiri atau mengikis mentalitas kamu. Tidak ada upaya untuk memberikan bimbingan.

10. Diberi Kendala Tidak Beralasan
Jika atasanmu sengaja membuat hambatan di depan kamu untuk mencegah keberhasilan kamu menyelesaikan proyek, maka hal tersebut adalah tindakan utama dari praktek bullying. Kamu berhak mendapatkan keberhasilan serta kesuksesan dari tugas yang km kerjakan, namun jika tempat kerja menghalangi hal itu, maka saatnya kamu berpikir dan membuat keputusan untuk bertahan atau tidaknya ditempatmu bekerja saat ini. (Foto; Thinkstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: