Begini Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri di Tempat Kerja

Anda yang merasa kurang percaya diri dengan penampilan di tempat kerja, bisa melakukan hal berikut ini.
, Majalah Kartini | 12/10/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Anda merasa kurang percaya diri dengan penampilan kantoran Anda? Hal tersebut dapat diselesaikan dengan beberapa cara. Para peneliti sebelumnya menemukan bahwa sikap power pose, yakni Anda berdiri tegak dengan kaki tentang dan tangan di pinggul dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Penelitian terbaru juga menunjukan peningkatan kinerja tidak dapat diraih dari teknik power pose itu. “Pose ini memang membuat Anda merasa kuat atau merasa baik, tapi dengan sendirinya tidak diterjemahkan ke dalam perilaku yang efektif,” jelas Joseph Cesario, penulis utama penelitian dan profesor psikologi asosiasi Universitas Negeri Michigan di Amerika Serikat.

Ada beberapa cara untuk memberikan sedikit dorongan percaya diri di tempat kerja, yaitu:

1. Dengarkan musik dengan bass yang kuat

Dengan memutar lagu kesukaan Anda ditambah dentuman bass yang kuat bisa menambah kepercayaan diri Anda. Sebuah studi dari Universitas Northwestern menemukan bahwa mendengarkan musik dengan bass yang berat membuat orang merasa kuat dan percaya diri setiap hari.

2. Pakai baju berwarna merah

Warna merah pada baju Anda yang diinisialkan sebagai warna berani ternyata berpengaruh terhadap perilaku dan kepercayaan diri seseorang.

3. Gunakan parfum favorit Anda

Aromo parfum kesukaan Anda ternyata dapat membantu mengumpulkan kepercayaan diri. Penelitian menunjukan, mayoritas wanita merasa lebih percaya diri saat memakai parfum dibandingkan yang tidak memakai wewangian apapun. Sebuah studi lain pada 2009 juga mendapati bahwa kolonye membantu pria merasakan dorongan kepercayaan diri.

4. Melakukan selfie atau foto pribadi

Penelitian menunjukan dengan mengambil foto pribadi atau sering melakukan kegiatan selfie memiliki hubungan dengan dorongan rasa percaya diri dari waktu ke waktu. Biasanya orang yang tidak percaya diri bahkan tidak ingin berswafoto sekalipun.

5. Berolahraga

Ternyata berolahraga secara teratur dapat meningkatkan hormon endorfin dalam diri sehingga meningkatkan kepercayaan diri. Penelitian pun menunjukkan bahwa manfaat berolahraga teratur menyebabkan seseorang lebih percaya diri pada penampilan dan menurunkan tingkat stres saat bekerja. (CindyFoto : )

 

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: