Atasi Stres Mencari Kerja dengan Cara Ini

Tercatat sebanyak 7 juta orang di Indonesia masih belum memiliki pekerjaan.
, Majalah Kartini | 02/11/2017 - 17:12


MajalahKartini.co.id – Para lulusan baru atau fresh graduate pasti berlomba-lomba memperoleh gelar dan mencari kerja. Namun kenyataannya, Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) di Indonesia tercatat sebanyak 7 juta orang masih belum memiliki pekerjaan atau menganggur. Hal tersebut kemungkinan dapat berdampak pada kesehatan mental bagi para pencari pekerjaan, bisa berujung gangguan kejiwaan dan bunuh diri.

Namun tentu saja ada cara untuk mencegah dan mengatasi terjadinya gangguan kesehatan mental pada para pencari pekerjaan. Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini, dilansir dari kompas.com

1. Jangan mengurung diri di rumah

Salah satu hal mudah mengatasi stres mencari kerja yaitu dengan mengeksplor diri seluas mungkin. Mulai berinteraksi dengan masyarakat atau bersosialisasi dengan teman. Anda juga bisa mulai melakukan kegiatan seperti mengambil kursus keahlian untuk membangun dan menggali kembali kemampuan dan bakat Anda. Atau Anda bisa mengisi waktu menjadi relawan sebuah acara untuk meningkatkan rasa mengasihi maupun koneksi relasi dan pengalaman dalam curriculum vitae Anda.

2. Atur rencana keuangan selagi menganggur

Tentu saja masalah keuangan bagi Anda yang baru mencari kerja membuat perasaan khawatir sering menghantui Anda. Hal ini umumnya menjadi sumber masalah stres dan depresi dalam diri. Lebih baik Anda mencatat biaya-biaya yang harus dikeluarkan dengan membuat anggaran. Mulai dari biaya ongkos mencari pekerjaan, kebutuhan makan sehari-hari sampai baju yang akan dibeli. Sehingga nantinya Anda tidak akan kaget dan stres berat ketika melihat uang tabungan Anda sudah benar-benar mepet atau habis. Ini juga bisa menjadi motivasi Anda mencari pekerjaan atau sekedar freelance maupun parttime.

3. Refleksi diri sambil mencari kegiatan lain

Anda perlu melakukan refleksi diri atau bercermin pada diri sendiri untuk mencegah stres saat mencari kerja. Biasanya orang akan lebih fokus mencari solusi ketimbang mencari siapa yang bisa disalahkan. Cermati kembali proses Anda mencari pekerjaan. Misalnya saja memastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan CV, melamar sesuai bidang keahlian Anda atau berlatih melakukan wawancara kerja. Mulailah juga mengistirahatkan diri dengan melakukan hal yang disukai sambil intropeksi diri. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: