5 Hobi yang Bisa Dijadikan Penghasilan Tambahan

Hobi-hobi ini ternyata dapat menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.
, Majalah Kartini | 24/11/2017 - 21:11


MajalahKartini.co.id – Pernahkah Anda mencoba menjadikan hobi sebagai penghasilan tambahan? Biasanya orang banyak meninggalkan hobinya begitu saja karena alasan rutinitas kerja yang padat. Padahal ada beberapa hobi yang dapat memberikan uang tambahan hingga jutaan rupiah setiap bulannya, dilansir dari detik antara lain:

1. Merajut

Kerajinan rajut sedang diminati pasar lokal dan internasional. Produk homemade ini dapat dijual lebih mahal di pasaran karena umumnya bersifat limited edition. Tidak heran bila produk kerajinan rajut ini bisa laku di pasaran dengan harga ratusan sampai jutaan rupiah.

2. Videographer

Youtubers atau seorang video maker bisa menjadi salah satu alternatif menambah penghasilan. Menjadi videographer acara pernikahan, membuat film pendek atau jasa video branding untuk online shop atau perusahaan-perusahaan besar juga bisa menjadi pertimbangan.

3. Traveling

Hobi jalan-jalan ke tempat-tempat wisata popular juga bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Anda bisa menjadi travel blogger atau tour guide bagi wisatawan mancanegara. Sekalian memperkenalkan budaya, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan ribuan hingga jutaan rupiah.

4. Melukis fashion

Anda hobi menggambar dan menyukai bidang fashion? Anda juga bisa memanfaatkannya dengan mengambar pada sepatu, kaos, hijab dan mukena yang Anda lukis sendiri. Dengan lukisan sendiri, Anda juga bisa memberikan tarif penjualan yang Anda inginkan.

5. Henna

Anda yang suka pada bidang seni menato juga dapat memanfaatkan bidang ini. Seiring perkembangan hijab style, ternyata rejeki ini juga berlaku untuk para henna artist. Selagi menyalurkan keahlian, Anda juga bisa mendatangkan penghasilan. Sekali merias Anda bisa mendapat uang mulai 300 sampai 500 ribu per gambar. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: