Wujudkan Indonesia Sehat melalui PAUD Healthy Eating Habit

Mendukung Kebiasaan Makan Sehat Buah dan Sayur Masyarakat Indonesia.
, Majalah Kartini | 21/12/2017 - 09:03

MajalahKartini.co.id – Indonesia termasuk negara dengan penduduk yang kurang mengonsumsi buah dan sayur. Padahal, konsumsi buah dan sayur merupakan bagian merupakan asupan yang penting dalam konsumsi makanan sehari-hari dari setiap individu untuk hidup sehat dengan gizi seimbang. Masih rendahnya tingkat konsumsi buah dan sayur diakibatkan anggapan bahwa buah dan sayur bukan prioritas yang harus ada dalam setiap menu makanan dan masih dianggap sebagai pelengkap makan sehingga tidak dikonsumsi secara teratur.

Berdasarkan data analisis Ianjut Survei Konsumsi Makanan lndividu (SKMI, 2014) sebesar 97,1 persen penduduk Indonesia tidak mengonsumsi cukup buah-buahan dan sayuran dengan rerata konsumsi sayur penduduk 70,0 gram/orang/hari dan konsumsi buah 38,8 gram/orang/hari. Sedangkan, World Health Organization (WHO) merekomendasikan 400 gram buah dan sayur per hari dan American Heart Association merekomendasikan 50 persen porsi makan atau 4,5 mangkuk dari berbagai jenis buah dan sayur per hari.

Selain itu, Kementerian Kesehatan melaIui Pedoman Gizi Seimbang merekomendasikan konsumsi 3-5 porsi sayur dan 2-3 porsi buah per hari. Berangkat dari permasalahan tersebut, SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur berkomitmen tidak hanya menyediakan susu pertumbuhan dengan Buah dan Sayur, tetapi juga Iayanan terbaik untuk konsumen dan masyarakat Indonesia untuk menyukai makanan sehat buah dan sayur. Salah satunya dengan mendukung program nasional Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Gemar Makan Sayur (GEMAYUR) dari pemerintah, melaIui rangkaian kegiatan SGM Eksplor Buah dan Sayur di 20 PAUD Healthy Eating Habit (HEH) wilayah Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat.

“Ini merupakan salah satu upaya SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur untuk mewujudkan Indonesia sehat dan menanamkan kebiasaan makan sehat, khususnya mengonsumsi buah dan sayur sejak dini,” ujar Monica Ang, Marketing Manager SGM Eksplor dengan Buah dan Sayur di Jakarta, Selasa (19/12).

Monica mengatakan, program HEH telah berjalan sejak Maret hingga September 2017 di 20 PAUD di daerah Jakarta, Tangerang dan Jawa Barat yang terbagi dalam dua gelombang. Program ini telah mendapatkan respon yang positif dari anak-anak PAUD, orangtua dan guru PAUD yang mengikuti program ini.

“Melalui program PAUD HEH ini, kami berharap agar ibu-ibu di Indonesia dapat lebih menyadari pentingnya pemenuhan gizi seimbang bagi anak-anak melaIui edukasi tentang gizi dan pola makan sehat, termasuk di dalamnya konsumsi buah dan sayur serta dapat terus menerapkan kebiasaan makan sehat di rumah,” jelas Monica.

Lebih lanjut Monica Ang mengatakan Kampanye PAUD HEH ini boleh dikatakan berhasil, karena pola kebiasaan makan sayur dan buah rutin dilakukan semua anak-anak, baik saat program berjalan di PAUD ataupun saat di rumah. “Anak-anak banyak yang meminta ibu mereka untuk selalu menyediakan buah dan sayur dalam menu makanan mereka,” katanya.

Kata ia, orangtua murid juga turut berperan penting dalam suksesnya kampanye ini. Keberhasilan program ini dapat terlihat dari data riset hasil monitoring yang dilakukan tim SGM Ekplor dengan Buah dan Sayur melalui 3 tahap pengujian yaitu pie-test dan post-test untuk mengukur perubahan perilaku sebelum dan sesudan mengikuti program HEH.

Dari data riset tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian program HEH efektif dalam meningkatkan konsumsi buah dan sayur pada anak. Pemberian penyuluhan memiliki pengaruh yang kuat, terutama pada peningkatan konsumsi buah dan sayur, terlihat dari tingginya proporsi varian konsumsi buah yang meningkat sebesar 53,3 persen dan konsumsi sayur sebesar 57,6 persen.

Monica menuturkan pihaknya berkomitmen terus mengkampanyekan kebiasaan makan sehat untuk mewujudkan generasi anak lndonesia yang lebih maju. “Dalam waktu dekat, kami berencana untuk menggapai target audiens yang lebih besar melalui edukasi via digital dengan membuat video 7 feeding tips, resep kreatif dan juga comic series yang bisa digunakan dan dipraktikkan Bunda di rumah untuk mengajak si Kecil semangat makan buah dan sayur,” tutup Monica Ang. (Foto : Andim)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: