Usia Remaja, Rentan Alami Perubahan Hormonal

Masa remaja tidak hanya mengenai menstruasi, mimpi basah, tapi di masa transisi ini akan mempengaruhi perilaku mereka.
, Majalah Kartini | 19/12/2016 - 13:30

usia-remaja-rentan-alami-perubahan-hormonal

MajalahKartini.co.id – Program Remaja Berani Hidup Sehat memberikan edukasi perilaku gaya hidup sehat kepada 150.000 generasi muda Indonesia diinisiasi PT. Unilever Indonesia Tbk, melalui Yayasan Unilever Indonesia (YUI). Program tersebut merupakan solusi yang tepat dalam mewujudkan generasi muda berkualitas demikian dukungan yang disampaikan Elizabeth Santosa Psikolog Remaja di Jakarta, Kamis (15/12).

Populasi remaja yang diperkirakan 60 juta – 80 juta atau hampir sepertiga dari populasi penduduk Indonesia menjadi alasan utama pentingnya diberikan edukasi pola hidup sehat. Kemudian, di usia ini, remaja mengalami perubahan hormonal dimana periode transisi hormonal ini menjadi faktor yang mempengaruhi perubahan psikologis maupun fisik yang mengakibatkan terjadinya kerentanan remaja.

“Remaja itu anak yang belum dewasa tapi ingin dibilang dewasa. Dia berada di masa transisi, mengalami pubertas dan di masa ini mereka akan lebih mendengar omongan teman dari pada omongan orang tua. Jadi gak ada lagi orang tua bilang ‘pokoknya’,” jelas Elizabeth.

Kemajuan zaman telah membawa bangsa ini di ambang kritis moral. Karena mudah terpengaruh oleh hal negatif. Anak-anak remaja ibarat tanah liat yang bisa dibentuk sedemikian rupa, sehingga ketika salah asuh maka generasi bangsa ini akan rusak apalagi sudah masuk ke era MEA (Masyarakat Economic ASEAN). Masa remaja tidak hanya mengenai menstruasi, mimpi basah, tapi di masa transisi ini akan mempengaruhi perilaku, dan neurologi di kepalanya penuh dengan pikiran abstrak sehingga rentan terhadap karakteristik belum dewasa. (Foto: Andim)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: