Tips Dampingi Anak Saat Berselancar di Dunia Maya

Peran serta keluarga sangat dibutuhkan untuk melakukan pendampingan pada anak saat mereka mengakses internet.
, Majalah Kartini | 08/02/2018 - 13:08

MajalahKartini.co.id – Melalui komitmen dari berbagai pihak, pencegahan konten negatif saat penggunan internet bisa dilakukan. Salah satunya komitmen Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang terus mengimbau peran serta keluarga untuk melakukan pendampingan pada anak saat mereka mengakses internet.

Sebagai platform penyedia mesin pencarian, Google Indonesia juga punya komitmen melindungi anak-anak dengan internet yang sehat agar mereka bisa nyaman bereksplorasi. “Kami punya sistem untuk memfilter usia berapa saja yang bisa mengakses situs yang tidak sesuai usia,” ujar Head of Public Policy Google Indonesia, Shinto Nugroho dalam Konferensi Internet Aman untuk Anak di Jakarta, Selasa (7/2).

Merespons teknologi digital yang terus berkembang, Google Indonesia dan Kementerian Informasi dan Informatika punya tips sederhana dalam mencegah dampak negatif penggunaan internet pada anak:

1. Pastikan clear cookies setiap kali Anda menggunakan gadget untuk urusan apapun.

2. Pastikan security di platform search engine dan media sosial sudah di-setting 

3. Maksimalkan whitelist yang sekarang ini situsnya sudah berjumlah 289.000 situs, kebanyakan memuat informasi yang edukatif

4. Jangan biarkan anak-anak asyik main gadget sendiri di kamar, letakkan komputer di ruang keluarga yang mudah diakses penghuni rumah.

5. Mendampingi anak saat mengakses internet, penting untuk mengatur waktu yang telah disepakati antara orang tua dengan anak.

(Foto: Ilustrasi)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: