Tanda Bayi Mampu Prediksi Masa Depan

Perhatikan bagaimana bayi anda di masa depan nanti.
, Majalah Kartini | 23/03/2017 - 09:46

 

Tanda Bayi Mampu Prediksi Masa DepanMajalahKartini.co.id – Banyak orang berpendapat jika karakter dalam diri kita terbentuk berdasarkan pengalaman hidup yang menjadikan pendewasaan sikap. Namun, menurut penelitian kecenderungan seseorang di masa depan saat berusia 30-an itu bisa dilihat sejak balita.  Dilansir dari cracked.com, ini 6 tanda di masa balita tersebut.

1. Jika seorang anak umur 4 tahun itu sabar, ia akan cenderung jadi orang sukses saat dewasa nanti.
Pada tahun 1960-an, seorang psikolog dari Stanford mengadakan penelitian terhadap 653 anak berusia 4-6 tahun dengan cara meletakkan permen di depan mereka tapi tidak boleh memakannya, selama 15 menit. Kemudian mereka ditinggalkan sendiri. Hanya 30 persen yang berhasil bertahan sabar tahan memakannya.

Baru-baru ini ketika penelitian dilakukan pada “anak-anak” yang sama, mereka yang saat balita tak sabaran punya nilai akademik serta performa kerja lebih rendah, sementara mereka yang dulunya sabar punya nilai akademik dan kerja yang jauh lebih tinggi dan diakui sekitarnya sangat kompeten.

2. Bayi yang diberi makan setiap kali ia memintanya, akan cenderung menjadi lebih pintar.
Mungkin anda sering mendengar metode untuk melatih anak menjadi tidak rewel dengan cara tidak elalu menuruti yang dia minta, tapi itu ternyata seharusnya berlaku sejak mulai balita, bukan saat masih bayi. Ketika masih bayi, sains menunjukkan bahwa sebaiknya orangtua selalu menuruti untuk menyediakan makan ketika mereka memintanya karena mereka tak bisa makan sendiri. Bayi yang makan sesuai keinginan mereka ternyata pada akhirnya memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan bayi yang makan hanya sesuai jadwalnya. Kelebihan ini terlihat mulai usia 8 tahun.

3. Seorang bayi yang mendengkur/mengorok akan cenderung menjadi anak yang bermasalah nantinya.
Mungkin anda berpikir bahwa suara mendengkur bayi itu lucu. Namun ternyata anda perlu mengatasinya agar ia berhenti mendengkur. Ternyata menurut sains, bayi yang mendengkur itu berkemungkinan mendekati 100 persen akan menjadi penguasa/bos yang zalim.

Penelitian ini dilakukan kepada 11.000 anak-anak dari usia baru lahir sampai 7 tahun. Mereka mulai menunjukkan perilaku menyebalkan di usia 4 sampai 7 tahun.

4. Bayi yang berukuran semakin kecil, nantinya akan semakin buruk dalam melakukan ujian sekolah atau kerja.
Sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bayi yang berukuran makin kecil maka performansinya akan semakin buruk di ujian sekolah maupun kerja. Peneliti mengambil acak 334 anak-anak dari sekolah yang homogen (punya tingkat sosio-ekonomi yang rata-rata sama). Data kelahiran mereka diteliti dan akhirnya ditemukan bahwa semakin kecil ukuran mereka saat lahir, maka semakin buruk nilainya di ujian.

5. Balita yang moody punya kencederungan menjadi orang dewasa yang terlalu suka coba-coba dan hobi bermain keberuntungan atau judi.
Pada tahun 70-an, beberapa peneliti di Dunedin, Selandia Baru memutuskan untuk meneliti sejumlah anak-anak berusia 3 tahun tentang tingkat temperamen mereka di masa mendatang. Disitu akan terlihat 10 persennya punya mood yang naik turun dan dideskripsikan sebagai “tidak terkontrol”. Mereka diteliti lagi saat berusia 20-an tahun, kemudian ditemukan bahwa mereka suka bermain keberuntungan atau suatu yang tak pasti seperti judi.

6. Bayi yang tidak punya rasa takut atau suka menantang itu punya kecenderungan hobi melanggar peraturan saat besarnya nanti atau menjadi kriminal.
Jika anda pernah memarahi seorang bayi dan bayi tersebut malah melotot balik atau menggertak balik, segeralah mengambil tindakan untuk mendidik karakternya. Karena menurut penelitian oleh psikolog Adrian Raine dari University of Pennsylvania, seorang bayi yang tidak memiliki rasa takut besar kemungkinan menjadi kriminal saat dewasanya nanti. Raine meneliti 1.800 anak-anak 3 tahun di tahun 70-an dan meneliti kembali saat mereka sudah dewasa di tahun 2009. Ternyata 137 orang dari mereka yang saat kecil dikenal “garang”, seluruhnya punya catatan kriminal.  (Foto: parents.com)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: