Tanamkan Kebiasaan Baik Mendongeng untuk Anak

Sudah terbukti secara ilmiah bahwa mendongeng penting bagi tumbuh kembang anak.
, Majalah Kartini | 02/10/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Pendongeng Gery Puraatmadja mengatakan cerita dapat membawa anak-anak pada fantasi dan petualangan. Ketika membaca atau mendengarkan cerita, maka berubah menjadi cerita tersebut, menangis, tertawa dan bernyanyi bersama dengan orang yang ada dalam cerita tersebut.

“Dongeng seperti Bawang Merah Bawang Putih, Si Kancil, Timun Mas, Lara Jonggrang, Kelinci dan Kura-kura, Cinderella, Red Riding Hood dan Pinocchio adalah cerita- cerita yang telah membantu kita mengenai pelajaran hidup yang berharga serta mengajarkan kita tentang perbedaan baik dan buruk,” jelas pendongeng yang terkenal dengan nama ‘Paman Gery’ ini.

Paman Gery menambahkan saat ini, menjalani hidup yang dipenuhi dengan berbagai hal serba teknologi dan anak-anak yang lahir di era digital, seni mendongeng menjadi semakin langka. Hal ini sangat disayangkan. “Sudah terbukti secara ilmiah bahwa mendongeng penting bagi tumbuh kembang anak; mendongeng dapat memicu imajinasi anak Anda, menstimulasi rasa ingin tahu dan membantu perkembangan otak,” ujarnya saat mendongeng dalam acara “Sabtu Mendongeng Bersama Greenfields” Sabtu (1/10)

Sementara itu, Head Marketing PT. AustAsia Food Endang Wijayaningsih mengatakan salah satu alasan, mengapa pihaknya membawa pertunjukkan boneka ke dalam roadshow Greenfields Milk Truck #LoveAt1stTaste ke sekolah-sekolah, selain menyediakan susu, pihaknya juga bercerita tentang seorang anak laki-laki bernama Oddie yang ingin menjadi seorang pilot. Cerita ini mengajarkan kepada anak-anak bahwa untuk meraih mimpi mereka, mereka harus rajin belajar dan juga menjalani hidup sehat serta minum susu untuk tumbuh besar dan kuat.

“Kita tumbuh mendengarkan cerita-cerita yang diceritakan oleh orangtua, kakek dan nenek, kakak dan guru. Cerita-cerita tersebut membantu anak-anak kita mengerti tentang nilai-nilai kehidupan. Akan lebih mudah membuat anak mengerti tentang sesuatu dengan bercerita,” kata Endang.
Untuk mengajak anak-anak minum susu dan menginspirasi mereka untuk bermimpi besar dan melakukan yang terbaik untuk menggapai cita-cita mereka, Greenfields Milk Truck mengunjungi Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar di Jakarta. (Foto: Greenfields)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: