Pilih Pakaian Bayi? Perhatikan Hal Berikut Ini

Memilih koleksi baju bayi Anda sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan bayi Anda. 
, Majalah Kartini | 12/09/2017 - 16:01

MajalahKartini.co.id – Kulit bayi memang masih sangat sensitif dan butuh seleksi ekstra dalam pemilihan pakaian dan bahan yang akan digunakan. Bagi para ibu jangan hanya tergoda dengan baju-baju lucu, tapi ibu harus memikirkan apa saja baju yang tepat dan nyaman untuk anak.

Kategori ukuran pakaian bayi terbagi menjadi beberapa kelompok seperti new born, 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan (1 tahun). Pilih bahan yang lembut dan bisa bertahan lama saat dicuci secara berkala, lalu pilih pakaian yang bisa digunakan sehari-hari.

Dilansir dari Parenting, seiring dengan pertumbuhan bobot dan ukuran badan bayi, ibu harus menyediakan pakaian seperti di bawah ini:

1. Baju Terusan

Di awal bulan kelahiran bayi, sebaiknya ibu lebih banyak memilih baju terusan seperti piyama karena bayi akan lebih banyak tidur. Pilih piyama yang memiliki kancing di bagian depan hingga kaki untuk mengganti pakaian tanpa menarik baju lewat kepala dan dapat di buka di bagian bawah untuk mengganti popok

2. Kaos

Pilih kaos yang memiliki rongga leher cukup lebar atau memiliki kancing bukaan di bagian leher dan pundak untuk mempermudah melewati kepala.

3. Baju Luaran

Bisa divariasikan berupa sweater, jaker, dan cardigan. Pilih luaran yang mudah dipakai dan dilepas, seperti menggunakan resleting dan kancing di bagian depan. Pilih luaran dengan bagian lengan dan ukuran yang cukup besar agar bayi lebih nyaman. Saat musim dingin, ibu bisa menggunakan hoodie untuk melindungi badan dan kepala bayi agar tetap hangat.

4. Legging atau Celana

Pilih celana dengan bahan katun, sutra, atau wol, dan menggunakan karet di bagian pinggang agar masih bisa digunakan saat berat badan anak bertambah.

5. Kaos Kaki atau Soft Booties

Gunakan kaos kaki agar kaki anak tetap hangat dan saat sudah mulai belajar berjalan kaki anak terhindar dari permukaan lantai yang licin. Ibu juga bisa memilih soft booties dengan alas karet agar bayi tidak mudah terpeleset.

Sebelum memilih pakaian untuk bayi, ada baiknya ibu mempertimbangkan kenyamanan, keamanan, dan kepraktisan saat harus mengganti pakaian dan popok. Hindari model yang ribet dan membutuhkan banyak usaha agar anak tetap merasa nyaman. (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Gestem & Pinterest).

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: