Perhatikan Nutrisi Ibu dan Si Kecil Saat Mudik

Pastikan asupan gizi untuk ibu dan anak bisa tetap terpenuhi selama perjalanan, dan pastikan juga cukup minum untuk mencegah dehidrasi.
, Majalah Kartini | 07/06/2017 - 08:06

Perhatikan Nutrisi Ibu dan si Kecil Saat Mudik

MajalahKartini.co.id – Agar silaturahmi pada saat mudik 2017 berjalan dengan lancar, pemenuhan nutrisi yang tepat penting untuk diperhatikan oleh ibu supaya kesehatan ibu terjaga dan si Kecil tetap sehat dan ceria. Hal tersebut merupakan salah satu upaya ibu mendukung si Kecil untuk tumbuh menjadi anak generasi maju yang supel, kreatif dan percaya diri.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK, mengatakan sebelum melakukan perjalanan jauh, ibu tentunya juga harus memastikan kondisi kesehatannya sendiri dan si Kecil. Hal ini penting karena ibu harus menyediakan waktu dan tenaga untuk mendampingi si Kecil selama perjalanan. Tidak terkecuali bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui. Diperlukan persiapan khusus agar ibu hamil dan menyusui dapat melakukan mudik dengan aman dan nyaman.

“Pastikan asupan gizi untuk Bunda bisa tetap terpenuhi selama perjalanan, dan pastikan juga Bunda cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, usahakan berhenti dan beristirahat. Pilihlah tempat istirahat yang nyaman dan aman, seperti di rest area,” jelas dr. Dian pada media gathering Tempat Mudik Nyaman SGM Bunda dan SGM Eksplor, di Jakarta Senin (5/6).

Lebih lanjut dr. Dian juga mengingatkan bahwa saat mudik, akan ada perubahan jadwal makan serta terbatasnya jenis makanan yang dapat dikonsumsi si Kecil selama perjalanan. Selain menyiapkan bekal makanan, ibu juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan melalui makanan dan minuman yang disediakan di sejumlah tempat peristirahatan, selama itu sehat dan mendukung pemenuhan nutrisi ibu maupun si Kecil.

“Penting bagi Bunda memastikan nutrisi si Kecil tetap tercukupi dengan baik agar ia dapat mengeksplor momen spesial saat mudik lebaran dengan nyaman dan ceria,” katanya. Kurangnya asupan nutrisi selama perjalanan jauh saat mudik, lanjutnya dapat menyebabkan beberapa perubahan di dalam tubuh, yang akan menimbulkan kondisi yang tidak nyaman seperti lemas dan pusing, yang akan membuat si Kecil rewel.

“Yang perlu diperhatikan adalah ibu hamil yang akan berpuasa sesuai anjuran dokter kandungan. Anak-anak dapat belajar menjalankan puasa namun ingat kebutuhan kalori sehari tetap harus dapat terpenuhi saat berpuasa dengan pola gizi seimbang. Selain itu, perjalanan mudik harus dalam keadaan sehat dengan persiapan sebaik mungkin dan yang tak kalah penting juga pemilihan jenis makanan sehat sangat penting saat mudik,” papar dr. Dian. (Foto: Andim)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: