Pentingnya Bersihkan Mulut dan Gigi Bayi Anda

Bayi yang belum tumbuh gigi dan masih menyusu harus pula dibersihkan mulutnya.
, Majalah Kartini | 23/10/2017 - 09:02

MajalahKartini.co.id – Bagi Perempuan yang baru saja memiliki anak pertama, penting diketahui bahwa bayi yang belum tumbuh gigi dan masih menyusu harus pula dibersihkan mulutnya. Hal tersebut dibenarkan drg. Henny Octaviana Danan SpKGA dari Medikids Clinic by MHDC.

Membersihkan gigi atau menjaga kebersihan mulut si kecil tidak harus menunggu gigi bayi tumbuh. Saat bayi lahir, mulutnya sudah dipakai untuk meminum ASI, alhasil mulut bayi juga perlu dibersihkan. “Bisa ada risiko mulut bayi berjamur. Di dalam mulut terutama lidah bisa bertumpuk pula sisa susunya. Jika tidak dibersihkan lama-lama mulut bayi jadi berjamur,” kata drg Henny.

Frekuensi membersihkan mulut si kecil cukup dilakukan sekali dalam sehari untuk bayi yang belum tumbuh gigi. Namun ketika bayi mulai tumbuh gigi satu atau dua, harus dibersihkan gigi dan mulutnya pakai kassa atau sikat gigi berbulu halus dan terbuat dari karet. Lakukan gosok gigi menggunakan kassa pada bayi minimal dua kali pada pagi dan malam hari.

Bagi anak yang meminum susu memakai dot, akan lebih baik jika melepas dot susu tersebut ketika anak tidur. Hal tersebut mencegah terjadinya gigi bolong atau grepes. “Karena ketika anak tidur, refleks menelan sudah tidak ada lagi. Jadi susu pun keluar dan memenuhi mulut, kemudian merendam gigi sehingga terbentuk asam yang berisiko gigi bolong maupun grepes,” jelas drg. Henny.

drg. Henny juga menyarankan untuk membersihkan gigi anak memakai kassa sehabis menyusui dan saat bayi mulai terlelap. “Kalau malamnya bangun, dia mau mulai nyusu lagi ya tidak apa-apa,” ujar drg. Henny. (Cindy/Foto: Shutterstock)

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: