Pakai Popok Kain? Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Sebelum Anda memutuskan mau menggunakan popok jenis apa untuk si Kecil, berikut kekurangan dan kelebihan penggunaan popok kain.
, Majalah Kartini | 20/02/2018 - 12:03

MajalahKartini.co.id – Penggunaan popok kain atau cloth diapers tak urung memberi banyak manfaat bagi para ibu. Selain agar lebih hemat juga lebih ramah lingkungan. Namun tak dimungkiri juga masih terdapat kekurangan dalam praktiknya.  Sebelum marak penggunaan popok sekali pakai atau disposable diapers, orangtua di zaman dulu memakaikan anak mereka dengan popok kain. Kini seiring berkembangnya zaman, kepraktisan menjadi hal utama dalam memilih popok.

Namun, belakangan ini popok kain atau cloth diapers mulai kembali digemari dan semakin tersebar informasinya di internet. Ada banyak alasan mengapa memilih popok kain, antara lain tidak menimbulkan iritasi pada kulit, bisa dicuci ulang dan dipakai berkali-kali, dan tidak menimbulkan tumpukan sampah.

Baca juga: Yuk, Bikin Sendiri Popok Bayi Anda di Rumah

Sebelum Anda memutuskan mau menggunakan popok jenis apa untuk Si Kecil, berikut kekurangan dan kelebihan penggunaan popok kain. Semoga bisa membantu memberikan jawaban.

Kelebihan Popok Kain

1. Lebih Hemat Dibanding Beli popok Sekali Pakai

Seperti namanya, clodi atau cloth diaper berarti popok yang dijahit sedemikian rupa hingga siap dipakai. Tujuan pembuatannya sama dengan pospak, tapi clodi bisa dicuci dan digunakan kembali. Hemat tentu menjadi nilai lebih clodi, karena lebih ramah lingkungan dan membuat sampah rumah tangga berkurang. Clodi bahkan bisa digunakan sejak kembali jikalau sikecil telah memiliki adik.

2. Ramah Lingkungan, Karena Mengurangi Sampah

3. Melatih Si Kecil untuk Buang Air Kecil

Dengan mengetahui kapan dan berapa jam sekali si kecil buang air kecil. Bila sudah terbiasa kita akan tau kapan mereka buang air kecil sehingga pada waktu waktu tersebut si kecil diajari untuk buang air kecil di kamar mandi.

Kekurangan Memakai Popok Kain
1.  Memerlukan waktu atau tidak bisa menghemat waktu, karena kita harus mencuci clodi yang sudah terkena pipis atau pub si kecil
2. Rentan bakteri bila mencuci tidak bersih
3. Kurang praktis bila dibawa atau pakai untuk berpergian
4. Akan merembes/leaking (bergantung pada jenis bahan)
5. Butuh waktu untuk mencuci dan mengeringkan (Foto: Ilustrasi/

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: