Musik Tingkatkan Kecakapan Anak Berkebutuhan Khusus

Anak berkebutuhan khusus memiliki keterikatan jiwa dengan musik.
, Majalah Kartini | 12/01/2017 - 16:01

Musik Tingkatkan Kecakapan Anak Berkebutuhan Khusus
MajalahKartini.co.id – Musik dapat menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kecakapan hidup anak berkebutuhan khusus (ABK) bila dikenalkan sejak dini, kata Ketua Umum Asosiasi Dyslexia Indonesia Kristianti Dewi. “ABK memiliki keterikatan jiwa dengan musik, kami ingin asah talenta mereka melalui musik karena musik mengajak mereka untuk fokus,” kata Kristianti.

Berdasarkan pengalaman, orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus kerap datang menitipkan anaknya dengan harapan bisa sembuh. “Padahal tidak bisa begitu, autis disebabkan oleh kesalahan genetika yang tidak dapat dicegah maupun disembuhkan, yang bisa dilakukan adalah mengelola potensi mereka agar berkembang optimal,” kata dia.

Dia mengatakan, untuk memacu tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus dengan maksimal, orangtua perlu mendeteksi sejak dini bila ada gejala dalam proses perkembangan anak sebelum menginjak dua tahun.

“Usia dini di sini artinya sebelum dua tahun, orangtua cukup memahami apa saja hal-hal yang wajib dikuasai seorang anak sebelum dua tahun pada umumnya, sehingga bila ada penyimpangan bisa cepat dikonsultasikan,” kata penggerak Melinda Child Development Center itu. Autis, kata Kristianti, lebih banyak menyerang anak laki-laki dibanding perempuan. “Ini juga bukan penyakit yang mengancam keselamatan nyawa, sehingga tidak ada hubungannya dengan angka harapan hidup,” kata dia. (ANT/Foto: Scholae)

 

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: