Mudik Bersama Si Kecil? Jangan Lupa Persiapkan Ini

Perjalanan mudik yang cukup jauh bisa dimanfaatkan orangtua sebagai momen yang tepat untuk saling berinteraksi dengan si Kecil.
, Majalah Kartini | 06/06/2017 - 17:02

Mudik Bersama Si Kecil Jangan Lupa Persiapkan Ini

MajalahKartini.co.id – Mudik bukan sekadar tradisi, melainkan juga dapat memberikan banyak manfaat positif untuk keterampilan sosial si Kecil. Saat mudik, orangtua bisa mengajarkan si Kecil tentang cara bersosialisasi melalui silaturahmi. Mudik lebaran akan menjadi momen spesial bagi si Kecil untuk dapat mengenali lingkungan baru, serta bergaul dengan sanak saudara yang jarang ditemuinya.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, S.Psi, M.Si, Psi, mengungkapkan bahwa perjalanan mudik yang cukup jauh bisa dimanfaatkan orangtua sebagai momen yang tepat untuk saling berinteraksi dengan si Kecil serta mengenalkannya kepada lingkungan yang jarang ia temui sehari-hari. “Melalui momen mudik lebaran, orangtua juga dapat membangun dan mengembangkan keterampilan sosial si kecil sejak dini karena mereka dapat berinteraksi dengan banyak orang,”

Lebih lanjut Anna mengatakan agar mudik dengan si kecil nyaman, orangtua harus bisa menikmati perjalanan. Orangtua harus tenang saat menjalani mudik, karena hal itu juga akan memengaruhi kenyamanan si Kecil. Orangtua, terutama ibu sebaiknya melakukan persiapan yang baik sebelum mudik dengan mencari informasi yang jelas tentang jalur mudik yang akan dilalui, termasuk tempat peristirahatan.

“Carilah tempat peristirahatan yang nyaman. Saat si Kecil mulai rewel dan merasa tidak nyaman dalam kendaraan, beristirahatlah dan ajak si kecil bermain sejenak di tempat dengan fasilitas yang ramah untuk ibu maupun si Kecil,” jelas Anna pada media gathering Tempat Mudik Nyaman SGM Bunda dan SGM Eksplor, di Jakarta Senin (5/6).

Usai beristirahat, kata ia niscaya ibu dan si Kecil akan merasa nyaman kembali dan siap untuk melanjutkan perjalanan mudik dengan tetap ceria. Lebih lanjut Anna menyampai beberapa persiapan mudik secara emosional dan psikologis untuk ibu hamil dan menyusui yaitu: Buatlah diri senyaman mungkin (pakaian, posisi duduk, dll); Bawalah banda-benda yang mambuat nyaman (bantal, kudapan, buku, dll); Cari tahu di mana saja lokasi yang cukup nyaman untuk beristirahat, dalam jalur mudik yang dilalui, ingatlah berbagai hal yang dapat menghibur; Bekerja sama dengan suami dan keluarga dan mohon pengertian keluarga untuk keterbatasan yang dimiliki.(Foto: Andim)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: