Materi Penting Mengenai Pendidikan Seks untuk Orangtua

Sexual Health Training Booklet “Safety Can Be Fun” alternatif bagi para orang tua yang ingin berdiskusi dengan anak remajanya.
, Majalah Kartini | 09/03/2017 - 09:01

Materi Penting Mengenai Pendidikan Seks untuk Orangtua

MajalahKartini.co.id – Usep Solehudin selaku Sekretaris Yayasan Pelita Ilmu dan Ahli Kesehatan Masyarakat mengungkapkan, tingkat pengetahuan remaja di Indonesia tentang kesehatan seksual dan reproduksi masih rendah, khususnya dalam hal cara-cara  melindungi diri terhadap risiko kesehatan reproduksi seperti perubahan psikis yang dipengaruhi hormon. “Disini peran orang tua dibutuhkan untuk memandu anaknya dengan menjadi pendengar yang baik. Pemberian informasi sexual education yang benar, sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan melindungi anak muda untuk berfikir sebelum bertindak,” kata Usep dalam acara Sexual Health Training Booklet “Safety Can Be Fun” oleh Dkt Indonesia di Jakarta, Selasa (7/3).

Baca juga: Pentingnya Pendidikan Seksual dan Reproduksi bagi Anak

Dengan gaya bahasa yang santai dan mudah dipahami serta visual yang menarik, Sexual Health Training Booklet “Safety Can Be Fun” merupakan alternatif bagi para orang tua yang ingin berdiskusi dengan anak remajanya mengenai pendidikan seksual dan reproduksi.

Pierre Frederick, Deputy GM DKT Indonesia menjelaskan, dalam Booklet tersebut terdapat beberapa materi penting mengenai sexual education yang dapat dipilih oleh para orang tua, antara lain:
a) Informasi seputar kesehatan reproduksi,
b) Informasi tentang perubahan fisik dan emosional,
c) Perubahan hormonal pada remaja dan cara menanggulanginya,
d) Pacaran sehat ala remaja,
e) Informasi seputar Infeksi Menular Seksual (IMS)
f) Dan himbauan untuk “Berfikir Sebelum Bertindak”
Selain itu, para orang tua dapat menyesuaikan materi mana saja yang cocok untuk disampaikan kepada anak remaja mereka.

“Melalui Booklet ini Kami berharap dapat membantu memudahkan orang tua dalam berdiskusi mengenai kesehatan seksual dan reproduksi dengan remaja mereka. Sehingga anak muda Indonesia dapat membentengi diri dengan bekal kesehatan reproduksi secara positif. Serta turut menyebarkan informasi positif tersebut kepada orang lain,” jelas Pierre. Unduh Sexual Health Training Booklet “Safety Can Be Fun” pada link berikut: http://bit.ly/GenerasiPositif. (Foto : Ilustrasi)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: