Manfaat Penting Memberikan Camilan untuk Si Kecil

Ada sejumlah manfaat pada Anak saat mengenal makanan selingan pertamanya.
, Majalah Kartini | 08/06/2017 - 11:06

Manfaat Penting Memberikan Camilan untuk Si Kecil

MajalahKartini.co.id – Perlu diketahui orangtua bahwa 70 persen nutrisi harian bayi usia 8 tahun adalah makanan utama, sementara sisanya 30 persen adalah makanan pendamping atau selingan (snack). Oleh karena itu, penting bagi anak memilih jenis snack yang tepat untuk si kecil, baik dari segi kandungan, gizi tekstur, rasa dan jenis snack itu sendiri.

Dijelaskan oleh Praktisi Kesehatan Anak, dr. Margareta Komalasari ada hal penting dalam memberikan camilan atau snacking bagi bayi yang memasuki akhir usia 7 bulan. “Bayi mulai mampu mengoordinasikan gerak motorik halus seperti: meraih, mengambil dan memindahkan benda dari tangan satu ke tangan lainnya dengan baik dan mampu menjimpit benda dengan kedua jarinya,” ujar Margareta dalam acara Launching Promina Puffs di Shangri-La Hotel Jakarta, Rabu (7/6).

Periode anak mulai mengenal gerakan motorik halus seperti yang disebutkan dalam jurnal Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menunjukkan bahwa kemampuannya untuk memegang dan melepas makanan semakin berkembang. Sementara itu, menurut jurnal National Chilcare Accreditation Council (NCAC) disebutkan jika orangtua dapat memberikan stimulasi berupa finger food dengan ukuran dan tekstur yang tepat –agar bayi tidak mudah tersedak- sebagai camilan, untuk melatih kemampuan menjimpit agar jemari semakin lincah.

Stimulasi yang diberikan bisa berdampak pada kemandirian makan, kemampuan memegang alat tulis hingga kemampuan menulis di kemudian hari. “Dalam memilih snack yang tepat untuk buah hati, orangtua juga perlu memilih snack yang bergizi. Mengandung karbohidrat, protein dan lemak untuk memenuhi asupan energi harian dan zat gizi mikro (vitamin, mineral, omega 3 dan 6) untuk mengoptimalkan tumbuh kembang dan kecerdasan anak,” sambungnya. (Foto: Ecka Pramita)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: