Ketahanan Mental Bantu Anak Hadapi Tantangan Hidup

Melatih ketahanan mental adalah investasi untuk kemampuan akademik dan keberhasilan masa depan anak.
, Majalah Kartini | 04/03/2017 - 13:01

Ketahanan Mental Bantu Anak Hadapi Tantangan Hidup

MajalahKartini.co.id – Ketahanan mental pada anak didefinisikan sebagai kemampuan untuk mengatasi peristiwa negatif atau menghadapi tantangan, dan bangkit kembali ke tingkat emosional yang sama. Perkembangan globalisasi yang sangat cepat dan tak terelakkan membuat anak-anak harus dipersiapkan dan diperkenalkan dengan kemandirian dan ketahanan mental guna menghadapi berbagai isu toleransi dan keberagaman.

Melatih ketahanan mental pada anak adalah suatu investasi untuk kemampuan akademik dan keberhasilan masa depan. Sebagai sekolah inklusif, Australian Independent School (AIS) percaya bahwa ketahanan mental anak perlu diasah dari kecil dan oleh karenanya menjadi salah satu program penting di AIS.

Michelle Reynold, Head of School AIS Kemang, menjelaskan melatih tingkat kemandirian dan ketahanan mental anak sangat penting dan harus dimulai sejak dini. “Banyak sekali orang tua tidak menyadari bahwa pengawasan yang berlebihan (overprotective) terhadap anak bisa membawa dampak negatif terhadap masa depan anak, seperti menghambat tingkat ketahanan mental anak, yang dapat mengakibatkan anak lebih mudah gelisah atau depresi,” jelas Michelle.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketahanan mental anak yang tinggi akan meningkatkan level emosional dan sosial yang positif pada anak, keterlibatan dalam kegiatan belajar, kemampuan mengatasi beragam situasi sulit, dan menurunkan tingkat depresi. “Dengan demikian, anak akan lebih bisa mengenali dan mengelola perasaan diri sendiri, memahami perasaan orang lain, membentuk dan menjaga hubungan yang positif dengan sekitarnya, mampu memecahkan masalah secara mendiri dan membuat keputusan, serta memiliki tujuan untuk masa depan mereka,” jelasnya. (Foto: Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: