Kenali Jenis Kulit Bayi dan Ketahui Cara Merawatnya

Bayi memiliki kulit yang lebih tipis dan rentan dibandingkan orang dewasa, baik dalam hal struktur, komposisi maupun fungsinya.
, Majalah Kartini | 06/09/2017 - 12:02

MajalahKartini.co.id – Dian Ayu, Ibu dari dua orang anak mengeluhkan kulit bayinya yang kering dan sensitif. Sehingga butuh perawatan khusus agar kulit bayinya tidak iritasi. “Anak saya yang paling kecil memiliki kulit kering dan sensitif dari sejak lahir. Kami sangat bergantung pada produk perawatan kulit yang tergolong cukup mahal,” ” ujar Dian pada peluncuran Jhonson Sensitive Touch di Jakarta, Kamis (31/8).

Dr. Mirawati Setyorini, Sp.KK, FINSDV menjelaskan, bayi memiliki kulit yang lebih tipis dan rentan dibandingkan orang dewasa, baik dalam hal struktur, komposisi maupun fungsinya. Ketebalan kulit bayi yang hanya 2/3 dari kulit orang dewasa memiliki pelindung alami yang lebih sedikit. Hal ini menyebabkan kulitnya kehilangan kelembaban dua kali lebih cepat dan menjadi mudah kering. “Saat baru lahir, kondisi kulit bayi belum berkembang dan belum berfungsi sempurna. Kulit bayi baru lahir akan mengalami perubahan adaptif alamiah secara perlahan. Sedangkan bayi prematur memiliki kulit lebih rentan dibanding bayi normal,” jelas dr. Mira.

Berdasarkan komposisnya ukuran sel kulit lebih kecil, lapisan kulit epidermis dan dermis lebih tipis serta kadar lipid dan faktor pelembab alamiah kulit (natural moisturizing factor, nmf) lebih sedikit juga melanin lebih sedikit. Sedangkan diketahui fungsi sawar (pertahanan) kulit belum berfungsi dengan baik. Trans-epidermal water loss (tewl) kulit bayi juga lebih tinggi. “Seluruh fungsi kulit bayi belum sempurna rentan terjadi toksisitas bahan kimia pada produk topikal juga termoregulasi belum sempurna sehingga rentan terhadap suhu dingin dan panas. Kemudian turn over rate (pergantian sel) bayi pun lebih cepat,” jelas dr. Mira.

Kulit sensitif/Atopic Skin memiliki keadaan khusus pada kulit yang menunjukkan adanya tanda-tanda gangguan pertahanan kulit & sistem imun yang hiperreaktif terhadap bahan-bahan iritatif dan alergenik dan gejala alergi pada bayi atau keluarga. Kulit sensitif ditandai dengan kulit kering, sering gatal saat berkeringat atau terkena bahan tertentu, bercak putih sisik, dan sering infeksi kulit. Bentuk yang berat berupa eksim.

Bahkan, berdasarkan evaluasi klinis, 63% bayi memiliki kulit kering dan berisiko menjadi kulit sensitif. Maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi. “Produk bayi yang diperkaya dengan pelembab dapat mencegah kulit kering dan kulit sensitif,” katanya.

Salah satu cara untuk menjaga kulit sensitif bayi adalah dengan memperhatikan kebersihan kulitnya dan memastikan kelembabannya terjaga. Berdasarkan riset, kulit bayi yang diberi pelembap secara rutin selama 32 minggu memiliki resiko dermatitis atopik lebih rendah. Ritual mandi dengan menggunakan rangkaian perawatan dari Senstive Touch™ direkomendasikan untuk menjaga kelembaban kulit kering dan sensitif bayi.

Cara Merawat Kulit Bayi

Cara merawat kulit bayi ialah mandikan bayi rutin dua kali sehari, pastikan air jangan terlalu panas (idealnya 37, 5 derajat celcius sampai maksimum 40 derajat celsius). Pilihlah sabun non antseptik PH balanced (4,5-5,5), hipoalergenik, dan gunakan emolien/pelembab. Untuk kulit sensitif, pilih sabun berpelembab, tidak terlalu lama (10-15 menit) mandi rendam maksimal 5 menit, pembilasan harus sangat bersih. Setelah mandi keringkan tubuh bayi dengan handuk lembut tanpa pewangi dengan menepuk-nepuk dan pastikan selalu memakai emolien/pelembab setelah mandi.

Selain itu hindari pewangi pakaian, antiseptik, minyak kayu puth & sejenisnya, baju baru (sebaiknya dicuci dulu), garukan, dan suhu ekstrim. Pilih bahan baju dan handuk lembut, berikan perlindungan terhadap sinar UV dengan sunscreen berulang, pakaian tertutup, hindari kegiatan saat tengah hari, hindari bahan alergik, lingkungan bebas debu, dan bila eksim berobat ke dokter kulit.

Setiap bayi memiliki jenis kulit yang berbeda sehingga orang tua harus cermat dalam memilih produk perawatan kulit bayi mereka. Hadirnya rangkaian produk Johnson’s Sensitive Touch™ yang mampu merawat kulit kering dan sensitif bayi, diharapkan dapat menjawab kebutuhan para orangtua dalam memastikan kulit bayi mereka yang sensitif tetap terjaga dan lembab setiap saat. (Foto: Andim/Shutterstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: