Keluarga Miliki Peran Penting Dampingi Literasi Digital Anak

keluarga memegang peranan utama untuk meningkatkan literasi digital anak tatkala mengakses Internet.
, Majalah Kartini | 07/02/2018 - 08:15

MajalahKartini.co.id – Berdasarkan data dari Google Indonesia dan Daily Social, Indonesia menempati peringkat 6 pengguna media sosial terbanyak di dunia dan jumlah pengguna aktif ponsel yang telah mencapai 281,9 juta orang.

Dalam konferensi bertajuk Internet Aman untuk Anak yang dihelat oleh ECPAT Indonesia, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan penanganan kasus kekerasan dan eksploitasi seksual di dunia maya perlu melibatkan seluruh ekosistem.
“Pendekatannya harus dari ekosistem. Pemerintah tidak bisa sendirian, semuanya harus bergerak,” ujarnya dalam konferensi pers kemarin Selasa (7/2) di Jakarta.

Baca juga: Penggunaan Internet pada Anak Kian Mengkhawatirkan

Menurutnya, keluarga memegang peranan utama untuk meningkatkan literasi digital anak tatkala mengakses Internet. Sementara pendekatan yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan penyediaan situs positif dan pemblokiran konten negatif. “Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyediakan sebanyak 289.000 daftar situs positif berdomain .edu, yang berfokus di bidang pendidikan dan layak diakses anak-anak,” terangnya.

Head of Public Policy Google Indonesia Shinto Nugroho berkomitmen menjadikan Internet sebagai tempat yang aman diakses anak-anak. “Google terus memperketat pengaturan keamanan dalam semua produknya untuk memerangi eksploitasi seksual secara daring dan mendukung literasi digital yang dicanangkan pemerintah,” ujarnya saat ditemui usai konferensi pers. (Foto: Doc. Pribadi)

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: