Karakteristik Anak Remaja yang perlu Anda Tahu

Anak remaja perlu meningkatkan rasa percaya diri salah satunya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.
, Majalah Kartini | 30/12/2016 - 14:00

karakteristik-anak-remaja-yang-perlu-anda-tahu

MajalahKartini.co.id – Masa remaja tidak hanya mengenai menstruasi, mimpi basah, tapi di masa transisi ini akan memengaruhi perilaku, dan neurologinya di kepalanya penuh dengan pikiran abstrak sehingga rentah terhadap karakteristik belum dewasa. Beberapa karakteristik anak-anak remaja menurut Psikolog Remaja Elizabeth Santosa adalah:

1. Argumentatif. Anak akan menjadi lebih kritis, pintar bersilat lidah, tapi kekurangannya karena pikiran abstrak sehingga ia selalu berargumen menantang. “Sehingga kita harus lebih pintar, jangan mau kalah harus tahu bahasa yang mereka gunakan. Memasukkan gaya bahasa sedikit otoriter bergaya remaja,” ujar Elizabeth.

2. Ababil. Umumnya remaja ini punya idealisme tapi tidak ada aksi nyata. “Karena mereka sedang mencari-cari hal-hal baru. Kondisi ini sangat rentan karena ketika didekati hal negatif maka mudah terpengaruhi.

3. Memperhatikan penampilan. Remaja selalu merasa dirinya diperhatikan orang. Misalnya berjerawat, ia akan menjadi kurangpercaya diri.

4. Hedonis. Agar tampil menarik, mereka akan lebih konsumtif terhadap produk baru. Di masa ini rentan merasa dirinya kelihatan gemuka, anorek, rentan stres dan depresi, bahkan rentan hunuh diri karena tidak mendapat apa yang diinginkan.

5. Spevialiness & Invulnerbility. Tak bisa dipungkiri banyak terjadi pelanggaran, pelaku kekerasan, pelaku bully, pelecehan adalah anak remaja. “Anak remaja sejarang ini lebih tidak sopan, bahkan senyum saja melalui emoticon di media sosial,” imbuhnya.

Dengan melihat permasalahan tersebut, kata Elizabeth, setiap tahu kita harus bisa memahami, karena karakter remaja dulu dan sekarang sudah berbeda jadi metode mengajar harus lebih visual dan praktis. “Untuk membantu remaja dalam menghadapi perubahan psikologis dan fisik yang dapat menghalangi mereka menjadi versi terbaik dirinya, remaja perlu meningkatkan rasa percaya diri salah satunya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta menjaga kebersihan tubuh dan wajah. Remaja yang hidup bersih dan sehat akan tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas dan bertanggung jawab akan dirinya,” tambah Elizabeth.(Foto: Shutterstock)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: