Inilah Segudang Manfaat Ubi Ungu Sebagai MPASI

Ubi jalar ungu sangat baik menjadi bahan makanan pokok pada MPASI.
, Majalah Kartini | 05/10/2016 - 18:00

MajalahKartini.co.id – Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah memberi makanan semi-padat sebagai tambahan dari ASI, sehingga penting memberikan MPASI yang berkualitas untuk menjamin anak tumbuh optimal. Dr. Julistio Djais, SpA (K), MKes mengatakan, MPASI juga penting dalam mendukung perkembangan saluran cerna berupa maturasi sistem kekebalan.

Selain itu juga mengembangkan sistem kekebalan paling besar dalam tubuh – the gut barrier, kolonisasi usus di awal kehidupan dengan bakteri baik, sangat dipengaruhi oleh diet, Sistem Digestive, dan saluran cerna yang imatur perlu terus dikembangkan kemampuan digestive dan absorpsinya di tahun tahun pertama.

Ubi ungu (Ipomoea batatas poiret) merupakan sumber karbohidrat, serat, mengandung pigmen antosianin, dan 11 vitamin dan 7 mineral. Karbohidrat merupakan sumber kalori, serat pangan alami yang tinggi merupakan sumber bakteri baik (prebiotic). Selain itu, kandungan antosianin pada ubi ungu memiliki pigmen warna ungu yang bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti kanker, anti bakteri, serta sebagai pendukung kesehatan saluran cerna.

“Ubi ungu juga sebagai sumber vitamin antara lain Vitamin A, Vitamin C, thiamin (vitamin B1) dan ribovlavin. Seratus gram ubi ungu mengandung vitamin A kurang lebih 7700 mg mengalahkan kandungan vitamin A pada buah tomat dan bit sedangkan sumber mineral diantaranya adalah zat besi (Fe), fosfor (P), kalsium (Ca), zinc (Zn), cuprum (Cu), Selenium (Se) dan Yodium (I),” jelas dr Djais di Jakarta, Senin (3/10).

Pendukung keseimbangan bakteri di saluran cerna adalah serat dan prebiotik nutrisi yang tidak mudah diserap Karbohidrat polimer (>10 monomer) yang tidak dicerna di usus halus (Codex Alimentarius Commission) dan Oligosakarida yang tidak diserap dan menghasilkan pengaruh menguntungkan dengan cara menstimulasi secara selektif pertumbuhan mikroba saluran cerna. “Antosianin adalah pigmen alami tubuhan yang bersifat antioksidan. Memiliki aktifitas seperti prebiotik di dalam saluran cerna,” ujarnya.

Ubi jalar ungu sangat baik menjadi bahan makanan pokok pada MPASI karena selain mengandung karbohidrat yang tinggi, disertai serat, berbagai vitamin dan mineral, juga mengandung secara khusus pigmen warna ungu (Antosianin) yang bermanfaat sebagai anti-oksidan, anti kanker, anti bakteri, serta pendukung kesehatan pencernaan sehingga menunjang daya tahan tubuh. (Foto : Andim)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: