Inilah Dampak Positif Ajak Anak Masak Bersama

Mengenalkan pola makan sehat sejak dini bisa ditempuh dengan beragam cara. Termasuk mengajak anak ikut masak bersama orangtuanya di dapur.
, Majalah Kartini | 20/10/2016 - 17:25

MajalahKartini.cod – Mengajarkan anak berkreasi dengan bahan makanan dan menyiapkan menu makanan sehat bisa dilakukan dengan cara menyiapkan bahan-bahan, proses memasak, hingga penyajian hidangan. Dengan mengenalkan pola makan sehat, bisa membuat si buah hati lebih antusias untuk mengonsumsi makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari dan meningkatkan pemahaman mereka akan pentingnya peranan gizi dalam tubuh.

“Mengajak anak memasak bersama orangtua memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap tingkah laku pola makan sehat,” kata Rini Hildayani, M.Si seorang psikolog pada acara Nestle Healthy Kids, di Modena Jakarta Selatan, Kamis (20/10). Menurut penelitian yang telah dilakukan, anak akan lebih mudah mengonsumsi pasta atau salad saat mereka memasak bersama orangtua dibandingkan hasil masakan dari ayah atau ibu sendiri.  “Ada peran anak saat memasak. Hubungan orangtua jadi lebih bagus dengan si kecil, secara emosional anak juga lebih positif,” lanjutnya.

Selain pengetahuan anak menjadi lebih luas akan pola makan sehat, kemampuan jajan si kecil jadi lebih kecil dibandingkan anak tidak dilibatkan dalam memasak. Hal ini juga bisa mempererat bonding antara anak dan ibu. “Anak mau masak apa, jadi dilibatkan. Mereka jadi lebih komitmen dan mau makan juga,” tutup Rini. (Foto: Bhrina)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: