Ini Cara Ampuh Tenangkan Bayi yang Kerap Menangis

Tahukah Anda, aBayi baru lahir memiliki siklus tidur yang kacau.
, Majalah Kartini | 30/10/2017 - 22:03

MajalahKartini.co.id – Bayi baru lahir memiliki siklus tidur yang masih kacau, terkadang bayi bisa bangun di tengah malam atau menangis tanpa sebab. Orangtua yang baru memiliki bayi pasti membutuhkan perjuangan agar si kecil dapat tidur nyenyak. Ternyata ada tips dari para perawat di bagian kamar bayi untuk membuat bayi dapat tidur nyenyak.

Menurut pendiri Happiest Baby, Dr. Harvey Karp, menidurkan bayi baru lahir membutuhkan beberapa tahap, seperti di lansir dari kompas.com. Menurutnya, metode ini sangat penting untuk siklus tidur bayi. Diawali dengan membedong lalu menidurkan bayi dalam posisi miring atau perut di bawah. Ayun-ayun lembut bayi dalam bedongan.

Christy Brook, perawat di bagian bayi baru lahir di RS anak di Portland, Oregon, menuturkan ada bagian paling penting yaitu orang tua harus memulainya dengan tenang. “Memang sulit untuk bersikap tenang saat bayi rewel, tetapi tak ada yang berhasil jika orang tua tidak tenang,” jelasnya.

Bersikap tenang tersebut harus diawali percaya diri. Hal tersebut dapat membantu orangtua lebih fokus dan nantinya semua akan mengalir sendiri. Cara lain yang ampuh yaitu dengan menepuk-nepuk punggung si kecil dengan irama tertentu agar menyerupai detak jantung. Tepuk-tepuk punggung bayi tidak terlalu kuat atau terlalu lemah. Tepukan tersebut mempunyai efek menenangkan dan menjadi pengalih perhatian saat bayi menangis.

Setiap sentuhan yang berulang juga akan memudahkan bayi lebih cepat mengantuk. Sentuhan nya bisa berupa menggosok lembut dahinya atau ujung telinga. “Menggosok lembut dahi mereka dan berulang-ulang membuat bayi langsung menutup mata. Makin muda usia bayi, makin efektif,” jelas Brook. (Cindy/Foto: Shutterstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: