Hal Penting Agar Bayi Anda Tumbuh Berkembang Optimal

Saat bayi lahir mempunyai hak untuk hidup dan tumbuh kembang dengan optimal agar menjadi manusia dewasa yang berkualitas.
, Majalah Kartini | 04/10/2016 - 11:00

MajalahKartini.co.id – Dr. Julistio Djais, SpA (K), MKes menjelaskan pentingnya Makanan Pendamping ASI (MPASI) berkualitas dalam mendukung daya tahan tubuh bayi. Dalam presentasinya pada press conference launching SUN Ubi Ungu di Jakarta, Senin (3/10) mengatakan bahwa seorang bayi lahir, mempunyai hak untuk hidup dan tumbuh kembang dengan optimal agar menjadi manusia dewasa yang berkualitas.

“Agar bayi bisa tumbuh berkembang secara optimal harus didukung dengan nutrisi. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi yang usia 0-6 bulan agar ia tumbuh sehat. Selain itu, anak juga perlu mendapatkan stimulasi untuk merangsang saraf motorik dan sensorik,” kata dr Julistio.

Beberapa hal mendasari pentingnya ASI eksklusif sejak lahir sampai bayi berusia 6 bulan yaitu:

– Saluran cerna bayi baru lahir belum matang, sehingga fungsi belum sempurna
– ASI mengandung zat-zat yang akan mempercepat maturitas saluran cerna
– Colostrum mengandung antibodi ibu yang akan meningkatkan sistem kekebalan bayi
– Sebagai zat laxative memudahkan
pengeluaran meconium
– Mengandung seluruh zat gizi yang
dibutuhkan bayi untuk tumbuh optimal

“Apabila bayi mendapatkan nutrisi yang kurang sesuai maka akan mengalami gangguan pencernaan seperti gumoh, kolik, sakit perut, diare, kembung, dan kontipasi. Untuk itu sangat penting untuk memelihara kesehatan saluran cerna. Karena jika pencernaan sehat maka penyerapan gizi baik sehingga daya tahan tubuh juga baik,” jelasnya. Sekitar 70-80 persen sel imun dibentuk dalam saluran pencernaan (kulit 4 m², paru 40 m², saluran cerna 400 m²).

Setelah usia 6 bulan, ASI saja tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan gizi bayi sehingga dibutuhkan MPASI. Meskipun demikian disamping diberikan MPASI, bayi tetap harus menyusun sampai ia berusia 24 bulan atau lebih. “Semakin bayi bertumbuh menjadi besar maka kebutuhan ASI semakin berkurang, makanya diberikan MPASI sesuai kebutuhannya. Untuk mendukung pertumbuhannya anak membutuhkan, karbohidrat, protein dan zat besi,” katanya.(Foto : Andim)

BAGIKAN HALAMAN INI: