Dampak Negatif Jika Anak Anda Kecanduan Game

Orangtua sering kali tidak menyadari bahwa waktu berlebih untuk bermain game dapat membawa dampak negatif.
, Majalah Kartini | 07/12/2016 - 12:30

Majalahkartini.co.id – Kecanduan terhadap Internet didefinisikan sebagai perilaku kompulsif terhadap hal-hal online, salah satunya game online, yang mengganggu kehidupan normal dan menyebabkan stres pada keluarga, teman, dan lingkungan sekitar. Di zaman teknologi digital seperti sekarang, banyak anak yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain game online, bahkan cenderung kecanduan, ketimbang beriteraksi dengan teman-temannya secara langsung.

Orangtua sering kali tidak menyadari bahwa waktu berlebih yang yang dihabiskan anak-anak untuk bermain game dapat membawa dampak negatif terhadap masa depan anak, seperti menyebabkan tingkat kemampuan bersosialisasi yang rendah dan depresi. Atas dasar itulah, Australiaan Independent School (AIS) yang merupakan sekolah inklusif yang memiliki program Social and Emotional Thinking (SET) memberikan workshop mengenai gaming addiction kepada orang tua agar mereka dapat mengenal tanda-tanda kecanduan game dan menciptakan lingkungan yang lebih kondusif.

Brenton Hall, Principal of AIS Indonesia menyatakan, workshop ini juga diberikan pada siswa AIS di sekolah. Contohnya siswa kelas 7, dimana siswa diajak berkomitmen untuk menghabiskan lebih banyak waktu melakukan aktivitas sehat seperti olah raga, menggambar, membaca buku dan sebagainya.

Sementara itu, Linzi Band, pembicara SET di Inggris dan pengajar SET di AIS menjelaskan, bahwa kecanduan game online jika tidak dihiraukan dapat memberikan dampak buruk dalam waktu dekat maupun dalam jangka waktu panjang. “dalam waktu dekat, anak yang kecanduan akan mengalami gangguan tidur, kurang nafsu makan, mengisolasi diri dan lupa waktu,”ungkapnya, Rabu (7/12). (Foto:

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: