Biasakan Anak Sarapan Sehat Sebelum Jam 9

Sarapan sehat merupakan hal yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak.
, Majalah Kartini | 05/12/2016 - 10:30

MajalahKartini.co.id – Pada saat bangun pagi, gula darah mengalami penurunan dan membuat anak menjadi lemas serta tidak bersemangat melakukan aktivitas. Namun, kebiasaan sarapan sehat belum menjadi perhatian utama bagi orang tua di karenakan keterbatasan waktu dan kurangnya pengetahuan mengenai kriteria sarapan sehat yang ideal dan kapan sebaiknya melakukan sarapan.

Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. DR. Ir. Hardinsyah, MS menjelaskan, gizi yang diperlukan setiap orang berbeda-beda tergantung pada usia, jenis kelamin, ukuran tubuh dan aktifitasnya. Pemenuhan didapatkan dari mana saja seperti halnya yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh kita akan membantu memenuhi kebutuhan gizi dan memberikan energi untuk semangat belajar dan beraktifitas sepanjang hari.

“Kebutuhan gizi tersebut harus dipenuhi sedikitnya seperempat dari kebutuhan harian tubuh pada saat sarapan, dengan kata lain porsi sarapan ideal adalah seperempat atau 25 persen dari kebutuhan asupan makanan sehari,” kata dr. Hardinsyah. Lebih lanjut Hardinsyah mengungkapkan tidak hanya dilihat dari gizinya, tetapi sarapan sehat di waktu yang tepat juga penting untuk diperhatikan.

ldealnya sarapan sehat dilakukan sebelum jam 9 pagi. “Tidak hanya bertujuan untuk mencegah lapar tetapl juga untuk pemenuhan gizi seimbang saat sarapan dibutuhkan anak untuk belajar, bermain, berkreasi dan berolahraga. Maka dari itu, sarapan sehat yang balk dilakukan pagi hari sebelum pukul 9,” tambahnya. (Foto: Pixabay.com)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: