Begini Cara Mengenalkan Asupan Buah dan Sayur pada Anak

Makan bersama menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mendidik dan mengenalkan makanan sehat untuk anak
, Majalah Kartini | 17/11/2016 - 19:30

MajalahKartini.co.id – Di tengah kesibukan masyarakat urban saat ini, menjadi salah satu alasan kurang mengonsumsi sayur dan buah. Lantas bagaimana meningkatkan aspuan buah dan sayur? Kebiasaan makan sayur dan buah seharusnya dibiasakan sejak dini. Peran orangtua sangat penting dalam memberi contoh pola makan sehat.

Psikolog keluarga Ayoe Sutomo M.Psi, pada media gathering dengan tema Asupan Sayur dan Buah Sejak Dini, Cegah Penyakit Kronis yang didukung Forum Ngobras dan PT Kalbe Farma Tbk di Jakarta, Rabu (16/11) menjelaskan bahwa mengenalkan sayuran dan buah pada anak adalah tantangan yang tidak mudah. Anak tidak suka makan buah dan sayur karena tidak dikenalkan dan tidak dibiasakan. Hal ini akibat orangtua juga tidak suka makan dan tidak memahami pentingnya sayur dan buah.

Bagi anak, rasa makanan sebenarnya sama saja. Jika dibiasakan sejak awal maka akan terbentuk dalam pikiran anak bahwa buah dan sayuran itu enak. “Orangtua sering beralasan repot menyiapkan makanan dengan harus mengolah sayur dan buah,” jelas Ayoe.

Bahkan ada anak yang trauma makan sayur dan buah karena cara memberikannya dipaksa. Jika sudah pada kasus seperti ini maka akan terbawa seumur hidup dan harus diterapi. “Untuk anak-anak berkebutuhan khusus kadang memang terjadi gangguan sensor di lidah sehingga mereka tidak dapat mengonsumsi buah dan sayur yang keras,” lanjut Ayoe.

Ayoe memberikan tips bagi orangtua untuk mengenalkan sayur dan buah pada buah hatinya sejak dini bahkan sejak dalam kandungan. Biasakan makan menu sayur dan buah atau memberikan contoh. “Ibu adalah decision maker di rumah sehingga berkuasa menyiapkan makanan sehat. Bagi orang yang sibuk tidak harus selalu menyiapkan hidangan sayuran di rumah, tetapi dalam setiap kesempatan makan di luar rumah pun selalu disertakan sayur dan buah,” lanjutnya.

Untuk menarik minat si kecil, lanjut Ayoe, orangtua dapat mengkreasikan sayur dan buah dengan menu-menu yang enak dan menarik. Jangan lupa untuk selalu menekankan pentingnya buah dan sayur untuk kesehatan pada anak. “Anak yang terlanjur tidak suka buah dan sayur makan prinsipnya adalah tidak memaksa. Kenalkan perlahan-lahan atau dikombinasikan dengan makanan lain, dalam jumlah sedikit demi sedikit. Makan bersama menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mendidik dan mengenalkan makanan sehat untuk anak,” kuncinya.(Foto:Thinkstock)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: