Amankah MPASI Diberikan di Bawah Usia 6 Bulan?

Pemberian MPASI kepada anak harus dikonsultasikan kepada dokter atau pakar terlebih dahulu.
, Majalah Kartini | 31/08/2017 - 09:08


MajalahKartini.co.id – Konsultasi MPASI melalui sosial media atau online sedang menjadi tren ibu-ibu masa kini, berbagai informasi mengenai MPASI disebarkan secara mudah dan luas. Informasi yang didapatkan ibu ada baiknya dipilah terlebih dahulu sebelum dipraktikkan kepada anak. Publik figur menjadi sosok yang diidamkan oleh para ibu, saat publik figur memposting aktivitasnya.

Baca juga: Bolehkah Pemberian MPASI dengan Daging?

Maka para ibu era milenial akan secara cepat tanggap dan meniru apa yang dilakukan oleh publik figur tanpa memikirkan terlebih dahulu dampak apa yang mungkin terjadi. Baru-baru ini sedang ramai pembicaraan tentang MPASI anak di bawah 6 bulan, para ibu muda yang kurang pengetahuan tentang MPASI beranggapan bahwa MPASI di bawah 6 bulan wajar karena mendapatkan testimoni dari publik figur yang menyampaikan bahwa anaknya baik-baik saja diberikan MPASI sebelum memasuki usia 6 bulan.

Menanggapi fenomena MPASI saat ini, dokter spesialis gizi klinik dr. Juwalita Surapsari, M Gizi, SpGK menjelaskan, “Pemberian rekomendasi MPASI paling tepat saat usia anak memasuki 6 bulan karena bayi dianggap sudah siap untuk mengkonsumsi makanan yang tidak cair dan bukan asi lagi. Jadi sebelum memberikan MPASI, harus dilihat terlebih dahulu kesiapan anak seperti anak sudah bisa duduk tanpa ditopang, motorik untuk mengunyah sudah siap atau belum. Jadi tetap harus dimulai pada usia 6 bulan.”

Baca juga: Pemberian MPASI Metode BLW, Bukan Sekadar Tren

Apabila ibu mendapatkan informasi yang salah, akan berdampak buruk kepada anak seperti yang paling sering terjadi adalah gangguan dari pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ditakutkan berat badan bayi tidak sesuai dengan bayi pada umumnya. Risiko yang akan terjadi kepada anak juga dijelaskan oleh dr. Juwalita, seperti pencernaan yang belum siap akan menimbulkan gangguan pencernaan dan penyerapan nutrisi yang kurang baik. Terburuknya anak bisa mengalami kekurangan gizi.

Pesan dari dr. Juwalita kepada para ibu muda, “Cari informasi yang akurat dan terpercaya, jangan sekedar mempercayai testimonial yang subjektif. Penelitian menyebutkan bahwa pemberian MPASI paling tepat dan aman saat 6 bulan.” (Felita Herlina Ciciliani/Foto: Felita Herlina Ciciliani).

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: