Ajarkan Pekerjaan Rumah Tangga Ini pada Anak Anda

Orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi pribadi yang rajin dan mandiri.
, Majalah Kartini | 12/10/2017 - 15:06

MajalahKartini.co.id – Orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi pribadi yang rajin, mandiri dan menolong satu sama lain. Ternyata dari usia dini, hal tersebut bisa dilakukan dengan memberikan pekerjaan rumah tangga sesuai usia anak.

Menurut riset Harvard University yang dilakukan sejak tahun 1938, ada dua hal yang dibutuhkan seseorang adalah cinta dan etos kerja. Lalu pekerjaan rumah tangga seperti apa yang bisa dilakukan seorang anak sesuai usianya?

Dilansir dari Haibunda, berikut pekerjaan rumah tangga berdasarkan umurnya.

1. Umur 2 tahun

Ajarkan anak umur 2 tahunan merapikan mainan, mencari sepatu dan kaus kakinya dan merapikannya. Anda juga bisa mengajarkan si kecil untuk menaruh pakaian kotor di tempatnya. Tidak hanya itu, anak 2 tahun bisa diajarkan sedikit demi sedikit cara menyapu. Tapi semua pekerjaan rumah itu harus dibawah pengawasan Anda.

2. Umur 3 tahun

Anda bisa mengajarkan anak Anda mengorganisasi kardus mainnya. Anda bisa mengajarinya lebih intens untuk merapikan semua mainan dan meletakan pakaian ke lemari dengan benar. Anak juga perlu terbiasa diajarkan memakai perabotan rumah tangga. Tetapi Anda juga harus tetap mengawasinya.

3. Umur 4 tahun

Perlunya mengajarkan anak pada usia ini untuk menyiapkan meja makan, mengumpulkan peralatan makan yang kotor lalu menaruhnya di tempat cuci piring dan mengajarkan menuang air minum dan membuat makanan yang mudah seperti roti. Ajari anak juga untuk mencuci peralanan makanan yang mudah seperti sendok dan garpu. Untuk piring dan gelas minta si kecil mencuci yang berbahan plastik atau melamin.

4. Umur 5 tahun

Saat usia ini Anda perlu memastikan mereka lebih mandiri dalam mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Anda bisa mengajarkan si kecil merapikan tempat tidur, menyiapkan meja makan maupun membersihkan segala kotoran di meja setelah makan.

5. Umur 6-8 tahun

Anak di umur 6 sampai 8 tahun senang sekali disuruh membantu pekerjaan di dapur. Anda bisa mengajarinya memotong sayuran, membersihan dan mengelap piring, menyapu, mengepel lantai maupun membuang sampah ke tempat sampah di luar rumah. (Cindy/Foto: Shutterstock )

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: