Ni Putu Eka Wiryastuti, Perhatian pada Masalah Perempuan

Banyak proses yang dilalui Eka sebelum memutuskan diri untuk berpolitik.
, Majalah Kartini | 14/05/2017 - 08:24

Ni-Putu-Eka-Wiryastuti,-Perhatian-pada-Masalah-Perempuan

MajalahKartini.co.id – Berbekal keyakinan dan kepercayaan diri yang dimiliki, sekitar tujuh tahun yang lalu, Ni Putu Eka Wiryastuti memantapkan langkahnya ke dunia politik. Niat perempuan kelahiran Tabanan, 21 Desember 1975 ini bisa dibilang sangat sederhana. Eka, sapaan akrabnya, ingin agar dirinya bisa memberi manfaat yang lebih besar kepada banyak orang. Politik dipilih sebagai kendaraan untuk menyejahterakan masyarakat.

Banyak proses yang dilalui Putri dari Nyoman Adi Wiryatama yang merupakan bupati Tabanan di periode sebelumnya, ketika hendak memutuskan diri untuk berpolitik. Ia lama aktif di berbagai lembaga dan organisasi sosial di Tabanan. Dari sana ia pun berhasil mencuri hati masyarakat Tabanan.

Saat akhirnya memutuskan terjun ke panggung politik, namanya sudah harum di tengah masyarakat. Ia pun melenggang mulus ke kantor bupati Tabanan pada 2012 silam. Saat pertama kali terpilih, Ni Putu Eka Wiryastuti tercatat sebagai bupati perempuan pertama di Bali. Perjalanan karier politik Eka dimulai saat dirinya terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabanan.

Kartini asal Tabanan ini memang perhatian betul dengan masalah perempuan. Hal itu terwujud dalam berbagai program yang secara khusus dirancang untuk kaum perempuan. Salah satu yang termasyhur adalah program Tabanan Bebas Kanker Serviks yang pada tahun lalu berhasil menurunkan angka kanker serviks di Tabanan hingga 70 persen.

Sekadar catatan, angka penderita kanker serviks di Tabanan tercatat cukup tinggi yaitu mencapai 15 persen dari total kaum ibu yang ada di sana. Namun dengan program Tabanan Bebas Kanker Serviks, saat ini penderita penyakit mengerikan bagi kaum ibu itu di Tabanan bisa ditekan hingga 6 persen. ”Kita berharap 2020 mendatang tidak ada lagi penderita kanker serviks di Tabanan,” ujarnya.

Melalui program ini, Eka menyediakan mobil sehat yang dapat menjangkau para kaum ibu hingga ke pelosok-pelosok pedesaan. Mengingat, Kabupaten Tabanan sebagian besar wilayahnya banyak berupa gunung dan kawasan berbukit. Program yang berorientasi pada peningkatan kesehatan kaum ibu ini sengaja digulirkan Eka. Alasannya sederhana, jika kaum ibu sehat, maka perannya dalam mengisi pembangunan bisa dimaksimalkan. (Teks: Himas Puspito Putra/Foto&Video: Majalah Kartini)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: