Dedikasi Delia Von Rueti untuk Lingkungan Hidup

Tidak hanya sukses dengan kariernya, Delia Von Rueti juga terjun ke dunia sosial.
, Majalah Kartini | 26/01/2017 - 11:03

Delia Von Rueti Desainer Perhiasan Sekaligus Pegiat Agrikultural

MajalahKartini.co.id – Sebagai seorang perancang perhiasan, Delia Von Rueti terbilang sangat sukses. Ini karena perhiasan yang ia rancang sangat berbeda, karena hanya memproduksi satu perhiasan untuk setiap desain. Dengan begitu pemiliknya tidak akan melihat orang lain memakai perhiasan yang sama. Hal ini dibuktikan dengan nama-nama besar yang memakai perhiasan rancangan Delia. Mereka diantaranya adalah keluarga besar Al Fayed, Michelle Yeoh, Sharon Stone yang merupakan sosialita dunia.

Setiap setahun sekali Delia mengadakan pameran perhiasannya. Ia biasanya mengadakan pameran di London, Indonesia dan juga beberapa tempat bersama Mutumanikam Nusantara. Selain itu Delia juga memiliki ruang pamer di Alun-Alun Grand Indonesia, Jakarta. Sukses dengan kariernya sebagai disainer perhiasan tidak membuat Delia melupakan rasa cintanya terhadap lingkungan sekitar. Bukan hanya seorang designer, ia juga aktif sebagai Pegiat Agrikultural dan memiliki perkebunan kelapa sawit di Kalimantan.

Tak hanya itu, Delia juga seorang desainer sukses yang dermawan dengan memiliki hasrat besar untuk selalu ikut berkontribusi pada setiap lapisan masyarakat yang ada di seluruh dunia dan juga di antara komunitas para desainer di Bali. Delia juga memiliki kepekaan terhadap pemberdayaan perempuan dan pendidikan untuk semua kalangan. Karena kedua hal itu merupakan pilar yang fundamental untuk perkembangan perekonomian masyarakat.

Aktif sebagai Pegiat Agrikultural, Delia juga membuka lahan pekerjaan bagi para petani dari perkebunan kelapa sawit. Kisah suksesnya ini sering dijadikan sebagai sebuah contoh sukses nyata yang kemudian digunakan oleh para lembaga-lembaga pemberdayaan masyarakat dalam bentuk kerjasama secara luas dan terbatas.

Delia percaya bahwa keindahan seorang manusia tidak dinilai dari bagaimana cara mereka berbicara, berjalan maupun bagaimana penampilannya. Tetapi keindahan yang sesungguhnya terpancar dari rasa cintanya, kepeduliannya dan bagaimana mereka berbagi dengan sesama. “Bumi dan seisinya cukup untuk memenuhi kebutuhan semua orang, tapi bukan keserakahan semua orang”. Mengutip apa yang diungkapkan oleh perspektif ecocentric ini Delia von Rueti melihat, bahwa tidak semua yang ada di Bumi ini dapat manusia habiskan.

Love & O2 adalah sebuah panggilan untuk mencintai bumi. Bersama Love & O2 yang digagas oleh Delia von Rueti, diharapkan masyarakat Indonesia dapat meningkatkan kesadaran dan menyebarkan cinta untuk Bumi, sehingga kita tidak pernah lupa betapa berharganya Bumi ini.

Melalui Love & O2 Delia von Rueti memiliki mimpi besar membangun Taman Hutan Hujan Tropis untuk kali pertama di Indonesia. Seperti kita ketahui, hutan hujan tropis juga dikenal sebagai paru-paru dunia. Diperkirakan, sekitar 40 persen produksi oksigen dunia dihasilkan dari tempat ini. Indonesia merupakan kawasan yang memiliki hutan hujan tropis terbanyak di antara negara lain di Asia, salah satunya ada di Pulau Kalimantan.

Di sinilah Delia mendonasikan lahan pribadinya seluas 2.500 hektar untuk konservasi. Lahan tersebut berada di Muara Teweh, dekat dengan Bandar Udara Baringin (hanya sekitar 7 km), Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. “Sebagai salah satu bentuk sumbangsih untuk negara yang saya cintai ini, saya siap untuk mendonasikan lahan pribadi untuk konservasi. Mimpi besar saya adalah, kita dapat membangun Taman Hutan Hujan Tropis pertama di Indonesia yang kelak dapat dinikmati oleh generasi berikutnya,” ujar Delia von Rueti – penggagas Taman Hutan Hujan Tropis sekaligus desainer perhiasan saat Media Gathering di Grand Hyatt Jakarta beberapa waktu lalu. (Winggi Ferdian/Foto: Deliavonrueti.com)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: