Briptu Rachel, Satu-satunya Perempuan dalam Tim Penyerbu Napiter Mako Brimob

Siapa sangka ada sosok cantik di antara tim penyerbu yang diterjunkan menangani rusuh Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Salemba di Mako Brimob.
, Majalah Kartini | 14/05/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Pasca ramainya pemberitaan kerusuhan antara narapidana teroris (Napiter) di rumah tahanan (Rutan) cabang Salemba di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat yang terjadi pada Selasa malam (8/5) hingga Rabu pagi (9/5) dan berhasil diatasi melalui ultimatum dari pihak kepolisian dan penyerbuan dari tim Penyerbu Densus 88 dan Korps Brimob Satuan 1 (Sat-1) Gegana, sosok Briptu Rachel tiba-tiba banyak menjadi perbincangan di media sosial. Bagaimana tidak, di antaranya pasukan gagah berani tersebut, terdapat salah satu perempuan yang menjadi bagian di dalamnya.

Ia adalah Briptu Rachel, yang bernama lengkap Christeel Racheltania Philip. Dilansir dari TribunTimur, Briptu Rachel bukan polisi sembarangan. Ia merupakan polwan berprestasi dari satuan 1 Gegana Brimob Polri. Briptu Rachel adalah Polwan Brimob pertama yang mengikuti latihan antiteror di Amerika pada 2014 silam selama 1,5 bulan. Polwan berdarah Manado-Tionghoa ini bersama kontingen Indonesia bahkan mampu mencetak sejumlah penilaian terbaik, di antara peserta dari negara lain dalam program pelatihan Crisis Response Team (CRT) di Washington DC, Amerika Serikat.


Perempuan kelahiran 16 Desember 1991 (27 tahun) ini mengaku mendapat dukungan penuh dari keluarga untuk menjadi Polwan. Lulus Sepolwan tahun 2009 sebagai Bintara dan di tahun itu juga pilih (kesatuan) Gegana dan mendalami keilmuan anti teror. Kesatuan tersebut terasa tepat jika melihat kegemaran Briptu Rachel yang memiliki hobi ekstrem, seperti terjun payung, berburu di hutan, dan olahraga grasstrack. Bahkan gemar mengendarai motor di jalanan ekstrem sudah dilakukan Briptu Rachel sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Briptu Rachel membuktikan bahwa perempuan tidak berarti lemah, perempuan juga bisa memiliki kekuatan dan keberanian seperti laki-laki, tak pantang menyerah yang paling penting berani menjadi diri sendiri. (*)

 

Tags: , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: