Putri Ameera Miliki Misi Perjuangkan Hak-hak Perempuan

Perempuan kelahiran 1983 ini merupakan lulusan terbaik New Haven University.
, Majalah Kartini | 08/03/2017 - 20:11

Putri Ameera Miliki Misi Perjuangkan Hak-hak Wanita

MajalahKartini.co.id – Di tengah-tengah kondisi cara berpakaian perempuan di Arab Saudi dengan menggunakan hijab, ada seorang perempuan yang memilih untuk tidak menggunakan hijab. Dia adalah Putri Ameera binti Aidan bin Nayef Al-Taweel, atau biasa disebut Putri. Perempuan ini memiliki misi memperjuangkan hak-hak perempuan Arab.

Wanita cantik ini lahir pada tahun 6 November 1983, dan menikah dengan Pangeran Al Waleed bin Talal bin Abdulaziz al Saud (Pangeran Al Waleed) 9 bulan setelah pertemuan mereka yang pertama, yakni ketika Ameera berusia 18 tahun. Pangeran Al Waleed adalah keponakan dari Raja Arab Saudi saat ini, yakni Raja Abdullah bin Abdul Aziz yang memerintah sejak tahun 2005.

Pernikahan Pangeran Al Waleed dengan Putri Ameera yang berpikiran progresif ini bukanlah hal yang mengherankan. Pasalnya, Pangeran Al Waleed pun punya pemikiran serupa. Seperti disebut dalam artikel The Gulf News berjudul “Watch: Unveiled Saudi anchorwoman causes controversy” tertanggal 4 Agustus 2014, Pangeran Al Waleed tidak mengharuskan penggunaan hijab di Kingdom Holding Company, perusahaan miliknya. Perusahaan itu dikatakan sebagai salah satu dari sedikit tempat di Arab Saudi dimana wanita bebas tak berhijab.

11836715-111-1468323636-650-2c9903d4a1-1484149820

Putri Ameera sendiri pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Yayasan Al Waleed bin Talal yang bergerak dalam bidang kemanusiaan. Wanita kelahiran 1983 itu merupakan lulusan terbaik New Haven University. Dia dikenal selalu memperjuangkan hak-hak perempuan. Sebagai seorang putri di Kerajaan Arab Saudi, mungkin hanya Ameera yang sering tampak tak mengenakan hijab. Tetapi dalam beberapa acara resmi, Putri Ameera mengenakan penutup kepala meski tak menutup seluruh rambutnya. Tentunya dia sering mendapat kritik di negaranya. (Istimewa)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: