Peggy Whitson, Pecahkan Rekor Perempuan Astronot Tertua

Perempuan yang sebelumnya menjadi pengusaha ayam ini bergabung dengan NASA.
, Majalah Kartini | 24/02/2017 - 20:28

Peggy-Whitson,-Pecahkan-Rekor-Perempuan-Astronot-Tertua

MajalahKartini.co.id – Banyak anak kecil ketika ditanya apa cita-citanya pasti menjawab ingin menjadi seorang astronot. Tetapi ternyata bukan hanya seorang anak kecil yang ingi menapakkan kaki ke bulan. Perempuan yang saat ini berusia 56 tahun mendapatkan kesempatan yang kedua kalinya untuk menjadi seorang astronot.

Peggy Whitson menjadi seorang astronot perempuan tertua yang berhasil berjalan atau spacewalking di luar angkasa. Perempuan asal Lowa, Amerika Serikat ini melakukan spacewalking untuk mengganti baterai yang mampu menyimpan energi dari matahari. Di tahun 2007, Peggy sudah menjajakan kakinya ke luar angkasa. Saat itu ia menjadi astronot perempuan pertama yang menjadi komandan di International Space Station, yakni sebuah satelit luar angkasa buatan yang bisa ditinggali oleh astronot. Selain itu, Peggy juga pernah mengukir pengalaman pertama kalinya di tahun 2002 pergi ke luar angkasa.

Tahun ini, pengalaman kedua kalinya, Peggy mendapat tugas yang sama seperti pertama kali ia pergi ke luar angkasa. Ia juga akan menjadi astronot pertama yang memiliki waktu terlama di luar angkasa. Peggy mengalahkan rekor 534 hari milik astronot Jeff Williams. Bukan hanya memecahkan rekor-rekor tersebut, Peggy juga mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan yakni merayakan ulang tahun di luar angkasa pada 9 Februari lalu.

Sebelum bergabung bersama NASA, melalui space.com Peggy mengaku pernah menjadi pengusaha ayam bersama sang suami. Setelah lulus pascasarjana, Peggy sempat ditawari untuk bekerja di sebuah Institusi elit. Namun ia menolak dan lebih memilih bekerja di NASA. Institusi tersebut melalui perwakilannya berkata jika Peggy telah membuat kesalahan terburuk dalam hidupnya. Namun rupanya takdir berkata lain, justru pilihan beraninya ini membuahkan hasil dan berhasil memecahkan rekor yang luar biasa. (Foto: Space Safety Magazine /NASA)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: