Kisah Perempuan Berwajah Setengah Berjuang Melawan Stigma

Ia mengaku tidak pernah bisa mendengar di satu telinga dan tidak bisa melakukan olahraga secara aktif.
, Majalah Kartini | 26/07/2017 - 15:03

Kisah Wanita Berwajah Setengah Berjuang Melawan Stigma

MajalahKartini.co.id – Seorang perempuan berusia 30 tahun, Ivanka Danisova dari Slovakia, mengidap sindrom langka yang membuatnya terlahir dengan wajah setengah. Dia menderita cacat lahir bawaan yang disebut sindrom Goldenhar.

Sindrom Goldenhar menyebabkan tulang kranial terbelakang di sisi kanan wajahnya. Dokter telah menunjukkan sedikit harapan agar Ivanka bisa bertahan. Sindrom ini juga bisa yang mempengaruhi satu dari 25.000 bayi saat lahir dan dapat mempengaruhi satu sisi wajah atau pada keduanya. Kelainan ini tampak sebagian besar di daerah telinga, mata, dan tulang belakang. Kondisi ini juga mempengaruhi beberapa organ dalam yang menyebabkan penyakit jantung, ginjal, paru-paru, dan onkologi yang parah.

Kisah Wanita Berwajah Setengah Berjuang Melawan Stigma 2

Sekarang, Ivanka telah menjalani operasi perbaikan wajah di Amerika Serikat yang mengubah hidupnya, mengalahkan harapan medis dan orang-orang yang mengintimidasinya. Menurut laporan dari Dailymail, Ivanka telah menjadi orang Eropa pertama yang menjalani perawatan tersebut di Amerika Serikat.

Kabarnya, Profesor Russell Reid, spesialis terkena dunia yang berbasis di Chicago, telah melakukan 2 prosedur. Prosedur tersebut berlangsung selama 20 jam dan 11 dokter lainnya terlibat merekonstruksi wajah Ivanka.

Ivanka yang juga seorang petenis, telah menghabiskan sebagian besar hidupnya untuk menutupi cacat tersebut dengan rambut panjangnya, bahkan melawan komentar kejam dari orang-orang. Dia juga menderita aritmia jantung dan didiagnosis menderita leukemia 3 tahun yang lalu.

“Ketika saya didiagnosis, saya tidak diberi harapan. Aku bahkan tidak seharusnya bisa bertahan. Ketika saya menemukan dokter, pertama-tama saya tertegun dan teringat kata-kata kasarnya yang diucapkan hingga saya meninggalkan dokter. Saya tidak mengerti mengapa saya Selama lebih dari 27 tahun harus sangat berhati-hati. Saya tidak pernah bisa mendengar di satu telinga dan saya tidak bisa melakukan olahraga secara aktif. Telinga mengalami masalah dalam pertumbuhannya sehingga menyebabkan saya menderita sakit keras setiap kali terkena flu,” keluhnya seperti yang dikutip dari Dailymail.

Kini Ivanka akan melakukan perjalanan kembali ke Amerika Serikat pada September nanti. Dia akan menjalani 1 operasi terakhir untuk membantunya menjalani kehidupan normal.

Kisah Wanita Berwajah Setengah Berjuang Melawan Stigma 3

“Saya berharap dan percaya bahwa operasi terakhir pada September akan memperbaiki hidup saya. Ini akan menjadi masa sulit dalam hidup, karena saya harus melawan leukimia dan kraniofasial, saya ingin menang,” tuturnya yang dikutip Dailymail.

Ivanka meluncurkan kampanye ‘Rainbow for ivanka‘ untuk pasien sindrom Goldenhar lainnya. Dia mendorong orang-orang melakukan foto selfie dengan satu tangan menutupi setengah wajah untuk meningkatkan kesadaran melalui sosial media. (Foto: dailymail)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: