Inilah Nilai Kehidupan yang Diterapkan Keluarga Najwa Shihab

Sebab warisan tak melulu perihal materi, bagaimana keluarga Shihab menjalani nilai-nilai karakter kehidupan dalam kelurga mereka? Berikut ceritanya.
, Majalah Kartini | 04/08/2017 - 18:02

Inilah Nilai Kehidupan yang Diterapkan Keluarga Shihab

MajalahKartini.co.id – Presenter kondang Najwa Shihab, bersama sang ayah dan ibunya berbagi pengalaman dalam penerapan nilai-nilai karakter kehidupan yang dibangun dalam keluarga mereka. Najwa bersama sang ayah membagikan pengetahuan mengenai karakter dan nilai-nilai kehidupan apa saja yang sebaiknya diwariskan agar generasi selanjutnya agar dapat mencapai keberhasilan yang berkelanjutan.

Di mata perempuan kelahiran 16 September 1977 ini, peran keluarga sangat berpengaruh bagi kehidpan dan pencapaiannya saat ini “Sangat berpengaruh ya, keluarga memberikan pengaruh bagi pembentukan karakter sejak kecil hingga saat ini,’ ujar Najwa saat ditemui majalahkartini.co.id usai acara “Family Wisdom” yang dihelat Bank Permata di Hotel Ritz Carlton, Kamis (3/8).

Bahkan, aku istri dari Ibrahim Sjarif Assegaf ini sampai sekarang meski tak lagi tinggal bersama komunikasi masih terjalin dengan baik. “Saya sengaja mengambil rumah tidak jauh dari rumah Abi agar sering ketemu, berangkat mampir dulu salaman atau sekadar ngobrol-ngobrol dulu usai membaca. Apalagi sekarang dibantu juga dengan teknologi dengan adanya grup WA setiap informasi apapun disampaikan di grup,” tuturnya didamping abi –sapaan ayah (red).

Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA mengatakan bawah warisan keluarga yang paling berharga sifatnya bukan materi, melainkan nilai dan karakter hidup. Harta bisa habis tapi nilai-nilai yang ditanamkan sedari kecil tidak. “Fondasi paling dasar berupa agama, budaya, kecintaan membaca ke depan akan sangat berpengaruh bagi generasi selanjutnya.

Kesederhanaan, bagi Cendekiawan Muslim ini juga merupakan bagian dari nilai-nilai yang berharga dan sangat penting diterapkan dalam keluarga. “Jangan membeli sesuatu yang kita tidak mampu membelinya, misalkan dengan jalan berhutang,” ujarnya memberi contoh.  Pilihan dan kepercayaan selalu diberikan Quraish Shihab kepada putra-putri mereka. “Saya sangat menghargai keterbukaan dan menghormati keputusan terkait hidup mereka, bahkan sejak kecil,” lanjutya.

Inilah Nilai Kehidupan yang Diterapkan Keluarga Shihab1

Kalau ada orang yang bilang keluarga sebagai penyangga utama, pameo itu sangat diamini oleh Najwa. “Meski saya diberikan keluasaan untuk memutuskan hal-hal penting dalam keluarga, namun saya tetap melibatkan keluarga dalam momen apapun. Mulai dari menetukan mau sekolah SMP dimana bahkan keputusan saat saya menikah di usia yang relatif muda,” kenang Najwa.

dari Izzat Ibrahim ini akan menjalankan nilai-nilai fundamental berupa warisan karakter dalam keluarganya. Akan tetap kami jalankan juga diturunkan pada anak-anak, dan kelak nanti generasi selanjutnya. Ibarat rantai emas dalam keluarga yang insya Allah tidak akan putus hingga nanti.

Hal itu tertuang dalam buku yang ditulis oleh Quraish Shihab untuk anak lelakinya yang berjudul: Jangan Putuskan Rantai Itu. Najwa menjadikan nilai dasar dalam menjalankan kehidupan mereka, bahkan warisan karakter setelah mati pun tetap bisa membawa manfaat. (Foto: Turida Wijaya/Majalah Kartini)

Tags: , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: