Armita, Bermula dari Penasaran Kini Melejit Bersama Arromanis

Berbagai tantangan yang dihadapi Armita di awal membangun bisnis ini tidaklah mudah. Berikut kisahnya.
, Majalah Kartini | 07/06/2017 - 07:03

Armita Bermula dari Penasaran Kini Melejit Bersama Arromanis

MajalahKartini.co.id – Arromanis adalah sebuah dessert corner yang menyediakan beberapa jenis dessert dari mulai kue (cake) sampai dengan es krim. Sebagai pioneer dari berbagai usaha dessert di Bandung, Armita Sunaryo yang akrab disapa Armita berbagi pengalamannya dalam rangkaian acara Konferensi Womenwill di Bandung, Rabu (24/5) lalu.

Armita memulai usaha Arromanis pada September 2011. Berangkat dari rasa penasarannya dengan red velvet cupcakes. Ia mencari resep dari cupcake tersebut melalui Google Search dan memutuskan untuk membuat resep tersebut. “Berhasil membuat resep red velvet cupcake saya mengunggah foto cupcake tersebut di akun media sosial,” ujarnya.

Armita Bermula dari Penasaran Kini Melejit Bersama Arromanis2

Melihat keindahan foto tersebut, teman-teman Armita ikut penasaran bagaimana membuat cupcake dan bahkan tergerak untuk ikut
membuat cupcake bersama Anita. Dari pengalaman inilah, Armita menyadari bahwa ia bisa membuat sebuah bisnis.

Perempuan kelahiran 30 Agustus 1987 ini mengakui, keunikan dari Arromanis dibanding bisnis dessert lainnya adalah tampilan kreasi produk yang menarik, berbagai rasa yang baru dan lezat, serta kualitas bahan baku yang baik. Kreasi produk Arromanis meliputi berbagai jenis dessert, seperti cupcake, cake, cake pops, whoopie pie, bagel, cinnamon rolls, es krim, bahkan sampai frozen yoghurt.

Berbagai jenis produk dessert itu dapat diraih Armita bukan dengan cuma-cuma. Berbagai tantangan yang dihadapi Armita di awal membangun bisnis ini tidaklah mudah. Memutuskan untuk bergelut di bidang makanan yang ‘trendy’, dimana semua orang pada dasarnya dapat membuat makanan menjadi tantangan besar untuk Armita. Ia menjelaskan bagaimana ia harus terus selalu
berinovasi dalam rasa, bentuk, dan cara penyajian berbagai dessert-nya.

Armita Bermula dari Penasaran Kini Melejit Bersama Arromanis3

Dari sisi pribadi seorang Armita, perubahan pola pikir yang semula menjadikan pembuatan dessert sekadar hobi membawanya menjadi fokus suatu bisnis adalah keputusan yang tepat. Mengikuti perkembangan tren bisnis, setelah 3 tahun hanya mengandalkan penjualan melalui akun-akun media sosialnya, pada Januari 2014, Armita berhasil membuka sebuah toko.

Kemajuan Teknologi Jadi Motivasi

Namun terlepas dari tantangan besarnya, Armita mengaku bahwa kehadiran teknologi sangat membantunya dalam menghadapi tantangan tersebut. Ia dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang tidak bisa didapatkan di kehidupan sehari-hari, seperti kreasi resep, inovasi bentuk dan cara penyajian, dll. Ia menambahkan, kemajuan teknologi juga membuatnya termotivasi untuk terus melakukan inovasi dan perubahan dalam mengembangkan bisnisnya.

Armita Bermula dari Penasaran Kini Melejit Bersama Arromanis1

Lebih jauh ia mengakui desakan kemajuan teknologi juga membuatnya memutuskan untuk memperluas channel Arromanis di ranah digital, salah satunya ikut bergabung dengan Google Bisnisku dan menggunakan Google Trend. Begitupun sistem input data penjualan yang tadinya dilakukan secara manual, kini sudah didukung dengan penggunaan Gmail, Google Docs, dan Spreadsheet.

Dengan memanfaatkan platform-platform digital tersebut, Armita kini dapat mengetahui feedback dari pelanggan secara langsung, mengetahui selera masyarakat, serta dapat menyebarkan informasi secara efektif dan efisien. Bahkan, tak sedikit pelanggan Arromanis mengakui bahwa mereka bisa mengetahui letak Arromanis Corner Store dari informasi yang ditampilkan Google Bisnisku ketika mereka mencari Arromanis di mesin pencarian.

Pelanggan juga menjadi tahu kapan saja waktu operasional Arromanis. Ulasan para pengunjung juga kian memperkuat citra Arromanis di mata pelanggan. Tak heran, jika Arromanis pernah sampai melakukan pengiriman ke New York setelah memperluas channel promosi digital mereka. (Foto: Image Dynamics)

Tags: , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: