Aliyah Rasyid Mengikuti Kemauan Anies Baswedan

Aliyah Rasyid Baswedan selalu mendorong putra sulungnya untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin, seperti apa?
, Majalah Kartini | 11/11/2016 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Siapa yang tak kenal Anies Baswedan, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga. Tak hanya terkenal cerdas, terbukti pernah menjadi Universitas Paramadina, Anies juga dikenal santun dan pandai menggerakan orang lain. Sejumlah aktivitas sosial seperti Indonesia Mengajar yang mengirimkan para sarjana ke daerah terpencil dan turun tangan yang mewadahi para relawan di bidang sosial kemasyarakatan.

Sepak terjang Anies tentu tak lepas dari sang Ibu. Aliyah Rasyid, ibu dari¬†Anies Baswedan mengatakan membentuk anak cerdas bisa dimulai dari kandungan. Sedari hamil, Aliyah selalu berusaha berpikir positif dan makan-makanan bergizi. Dia yakin, berpikir positif akan membuat otak anak lebih cerdas. “Saya selalu makan makanan yang bermanfaat, bukan hanya enak di mulut saja,” ujar Aliyah ketika ditemui Majalah Kartini beberapa pekan yang lalu.

Anies kecil, kata Aliyah, mulai ingin bersekolah sejak usia tiga tahun. Kemudian ibu dari Anies ini berkonsultasi kepada psikolog mengenai putranya yang masih terlampau dini untuk bersekolah. Psikolog menyarankan untuk mengikuti kemauan Anies tanpa penolakan.

Aliyah bercerita Anies tak pernah juara kelas, hanya saja nilainya di atas rata-rata. “Tetapi dia kreatif di kegiatan lain seperti organisasi,” ujar Aliyah. Bahkan, Anies pernah menjadi ketua dari persatuan pengurus OSIS seluaruh Indonesia waktu SMA. Aliyah dan suami mendukung Anies saat aktif di organisasi, karena kegiatan tersebut membuat anaknya pandai mengelola pendapat, berani berbicara di depan umum, dan bekerja sama dengan orang lain.

Ibu mantan Menteri Pendidikan ini yakin pengetahuan tak hanya diperoleh di bangku sekolah saja tetapi juga di kehidupan. Karena itulah, dia mendorong putra sulungnya untuk mencari pengalaman sebanyak mungkin. “Pelajaran sekolah harus baik, tetapi pengalaman di tempat lain juga bermanfaat,” ujarnya.

Ihwal pencalonan anaknya menjadi Gubernur DKI Jakarta, Aliyah berharap Anies memberikan konstribusi bagi pembangunan Jakarta yang lebih baik. Dia berharap kehadiran Anies bermanfaat bagi warga Jakarta. “Kalau memang untuk kebaikan, saya meridhoi,” ujar Aliyah. (Ndari Sudjianto/Foto&Video: Majalah Kartini)

Tags: , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: