Cakeology Gelar Workshop Decorating Cupcake

Decorating cake tengah menjadi tren yang digemari oleh masyarakat. Peluang bisnisnya pun terbuka dan cukup menggiurkan.
, Majalah Kartini | 27/04/2018 - 10:00

Melihat antusiasme masyarakat pada decorating cake yang semakin meningkat, Sonia Basil, pemilik toko online kue dekoratif Cakeology, berinisiatif membuat workshop agar para pecinta kue dapat belajar membuat cupcake tematik mereka sendiri. “Awalnya aku mendirikan Cakeology karena melihat fenomena booming-nya dekorasi kue. Lalu, saya juga ingin coba membuatnya,” terang Sonia. Workshop tersebut dilaksanakan di Dressel Room, Pullman Hotel, Jakarta pada 21 April lalu.

Nama Cakeology dipilihnya karena merangkum kegiatan dekorasi kue itu sendiri. Cakeology merujuk pada teknik kue yang dibuat secara custom untuk acara-acara tertentu. “Tidak hanya untuk sekedar tiup lilin, sekarang kue benar-benar bisa jadi hadiah. Kue bisa dibuat secara tematik dan menggambarkan karakter si penerima,” papar Sonia lagi. Toko online Cakeology sendiri telah berdiri sejak Juni 2017.

Meski baru diadakan untuk pertama kalinya, workshop cupcake ini terbilang sukses. Para peserta workshop terlihat antusias menyimak demo yang dilakukan oleh Sonia sendiri. Lewat peralatan yang telah disediakan di tiap meja, para peserta berlatih mendekorasi kue di atas plastic board untuk latihan.

Ada dua jenis dekorasi cupcake yang diajarkan selama acara berlangsung. Tipe yang pertama adalah yang menggunakan butter cream, dan yang lainnya menggunakan fondant yang dapat dipilin seperti plastisin. Sonia mendemonstrasikan teknik dekorasi butter cream dengan menggunakan spuit berbagai ukuran untuk membentuk wajah puppy di atas cupcake polos. Selanjutnya, ia membuat hiasan unicorn dengan menggunakan fondant untuk ditaruh di atas cupcake.

Peserta workshop datang dari berbagai kalangan. Dari mahasiswa pecinta baking hingga ibu-ibu yang ingin mencoba pengalaman baru dalam membuat kue hadir untuk menambah wawasan mereka mengenai decorating cake. Salah satu peserta, Ibu Vera, menyatakan antusismenya pada acara kali ini. “Saya senang dengan acara seperti ini. Memudahkan orang yang mau belajar membuat kue. Secara keseluruhan, saya puas dengan penyelenggaraannya,” ujarnya.

Mengelola toko kue online dan membuat workshop membuat Sonia harus pintar membagi waktu. Rencananya, workshop serupa akan diadakan tiap bulannya. Bekerja sama dengan sekolah kepribadian John Robert Powers Jakarta, acara ini sukses membuat para peserta puas dengan investasi mereka.

Foto: enoretra

 

Tags: , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: