Berlibur ke Kota Sunyi di Belanda, Vianen

Merasa penat dengan kesibukan kota dan keramaian? Maka, kota kecil di Negara Kincir Angin ini tepat menjadi pilihan liburan.
, Majalah Kartini | 22/02/2018 - 17:00

MajalahKartini.co.id – Jika biasanya, kota-kota di Belanda yang kerap dikunjungi turis adalah Amsterdam, Den Haag, atau Rotterdam, maka Anda patut mengunjungi Vianen untuk memiliki sensasi berbeda. Untuk dapat sampai ke Vianen, Anda dapat melakukan perjalanan darat selama 1 jam dari Den Haag via tol A12. Kota yang memiliki jumlah penduduk sekitar 19.651 jiwa ini sangat bersih dan sarat unsur sejarah. Bangunan tua namun kokoh tetap dibiarkan berdiri di berbagai sudut area. Tak tampak ramainya orang berlalu lalang, tak banyak billboard iklan atau lampu gemerlap toko. Sungguh kota kecil yang tenang dan menakjubkan. Lantas, kegiatan apa yang paling tepat Anda lakukan saat berlibur di kota Vianen?

Berkeliling Kota dengan Sepeda
Sungguh aktivitas yang menyenangkan ketika Anda dapat menikmati keindahan kota yang sunyi dengan banyak bangunan bersejarah di sekelilingnya. Tak heran, hampir mayoritas penduduk lokal lebih memilih menggunakan sepeda dibandingkan kendaraan bermotor. Hal ini pula yang membuat udara di Vianen selalu terjaga kesegarannya. Berkelilinglah menggunakan sepeda di sepanjang Voorstraat (jalan utama), Anda akan merasa kota itu milik Anda sendiri, pasalnya nyaris tak tampak orang berlalu lalang berkat kesunyian kota.

Tak akan ada banyak modernitas yang dapat ditemukan di sini, benar-benar seperti masuk ke dalam adegan film yang menyuguhkan kota Eropa zaman dahulu. Menarik! Belum lagi, banyaknya bangunan bersejarah yang dapat menjadi latar belakang swafoto yang menawan. Bangunan bersejarah yang wajib Anda lewati saat bersepeda di antaranya Big Roman Church, City Hall, Lekpoort, dan City Museum yang semuanya berlokasi di jalan utama. Selain itu, kayuh sepeda lebih jauh ke Brouwerij Duits en Lauret, sebuah benteng pembuatan bir khas Belanda yang memiliki pemandangan alam luar biasa.

Berkunjung ke Stedelijk Museum

Di museum ini, kita dapat lebih dalam mengenal kota Vianen dengan melihat pameran lukisan dan benda-benda bersejarah seputar kota Vianen dan Belanda. Selain itu, terdapat pula, miniatur-miniatur bangunan yang menggemaskan. Tak hanya sajian dalam ruangan, area outdoor atau taman pun dibuat semenarik mungkin dengan menampilkan beberapa benda pameran bersejarah. Sungguh tempat yang asri, tenang, dan edukatif. Stedelijk Museum Vianen berada di Voorstraat 97, 4132 AP Vianen. Museum ini buka dari hari Selasa hingga Sabtu pada pukul 10.00 – 16.30. Sedangkan hari Minggu buka pukul 12.00 – 16.00 waktu setempat. Harga tiket masuk Stedelijk Museum hanya 3 Euro atau setara dengan Rp 48.000,- per orang.

Tags: , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: