5 Bahan Makanan Alami Sebagai Pengganti MSG

Kandungan aman atau tidaknya MSG masih simpang siur hingga saat ini. Berikut adalah beberapa penyedap alami yang dapat Anda coba sebagai pengganti MSG.
, Majalah Kartini | 28/05/2018 - 10:00

MajalahKartini.co.id – Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa MSG dapat memicu kanker atau melemahkan otak, seringkali para ibu khawatir dengan efek konsumsi MSG pada anak. Senyawa kimia yang menciptakan rasa gurih tersebut pun memiliki efek yang berbeda-beda pada masing-masing individu yang mengonsumsinya. Sebuah penelitian yang menggunakan tikus sebagai sampel percobaan menyebutkan bahwa MSG bisa menimbulkan obesitas, rasa malas, dan fluktuasi hormon. Namun, Anda tidak perlu cemas. Jika Anda tidak yakin dalam menggunakan MSG pada masakan rumah, Anda masih bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini sebagai pengganti MSG.

  1. Campuran Gula + Garam + Bubuk Paprika

Gunakanlah campuran ketiga bahan di atas untuk membumbui ayam panggang buatan Anda. Maka, Anda tidak akan kehilangan rasa gurih yang lezat dari masakan Anda. Rasa asin dan manis yang berpadu sangat ideal untuk kaldu sup atau olahan daging putih maupun merah. Perpaduan tiga bahan ini nyaris bisa dipakai untuk masakan apapun.

  1. Rumput Laut Kering

Rumput laut telah secara luas digunakan di Jepang untuk melezatkan masakan. Biasanya warga Jepang menggunakan kombu (rumput laut berwarna kehitaman) untuk membuat kaldu. Citarasa gurih dengan aroma yang khas dari ganggang laut satu ini sangat pas untuk membumbui olahan sup atau kaldu buatan Anda. Selain sebagai penyedap kaldu, Anda juga bisa menggunakan rumput laut kering untuk menambah citarasa gurih pada nasi goreng sebagai pengganti MSG.

Kombu

  1. Kacang Kedelai

Jika Anda gemar makan miso soup, Anda pasti tidak asing dengan kuah gurih yang menjadi main point dua hidangan tersebut. Kuah dashi yang menjadi bahan dasar miso soup dapat terbuat dari wakame (rumput laut) maupun kacang kedelai. Jika Anda ingin menambahkan citarasa gurih pada sup buatan Anda tanpa campuran MSG, Anda dapat menambahkan kaldu rebusan kedelai. Cara membuatnya cukup sederhana. Anda tinggal merebus kedelai bersama daun bawang dan wortel sampai sarinya keluar, lalu saring.

  1. Katsuobushi

Bahan ini lazim digunakan sebagai topping pada kudapan khas Jepang seperti takoyaki dan okonomiyaki. Terbuat dari ikan cakalang yang dikeringkan, katsuobushi punya rasa gurih dan aroma ikan yang harum. Anda dapat menggunakannya untuk menyedapkan masakan, secara langsung sebagai topping maupun campuran kuah sup.

  1. Bubuk Kacang Mede

Kacang mede seringkali dijadikan campuran dalam beragam olahan masakan atau kue karena rasanya yang gurih dan nikmat. Kini, Anda dapat menemukan bubuk kacang mede yang dijual di supermarket atau toko online dengan mudah. Jika Anda dan keluarga tidak punya riwayat alergi kacang, tidak ada salahnya menggunakan bubuk ini sebagai penyedap pada tumisan, semur, maupun nasi goreng buatan Anda. (*)

Tags: , , , , , , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: