4 Cara Berhemat bagi Perempuan Zaman Now

Perempuan harus memiliki kecerdasaan lebih, terutama dalam hal mengatur keuangan.
, Majalah Kartini | 24/04/2018 - 11:05

MajalahKartini.co.id – Ingin berhemat? Bingung kenapa pemasukan atau pendapat tidak terkontrol dengan baik? Menurut penelitian, mayoritas perempuan memang memiliki kebutuhan sekunder dan tersier yang lebih besar dari pada kebutuhan primernya. Maka sebagai perempuan, Anda harus memiliki trik mengatur keuangan pribadi. Simak 4 cara berikut ini!

  1. Disiplin

Kunci utama dalam mengatur keuangan menjadi lebih baik salah satunya dengan disiplin terhadap rancangan anggaran atau pengeluaran. Setelah mendapat penghasilan bulanan, segera lakukan pembagian dengan bijaksana. Lakukan batasan untuk pembagian anggaran hiburan (lifestyle) Anda. Terbiasalah untuk menyelesaikan segala tagihan terlebih dahulu dan selanjutnya lengkapi kebutuhan rumah seperti untuk kebutuhan dapur.

  1. Tertib

Mungkin hal ini akan terlihat sepele tapi ini adalah salah satu hal yang akan sulit dilakukan dengan rutin. Catat semua pengeluaran dan pemasukan perbulan. Pada era digital seperti saat ini sudah semakin mudah dengan adanya aplikasi pencatatan finansial. Dengan rutin mencatat, Anda akan tahu pengeluaran perbulan tersebut dihabiskan untuk kebutuhan apa saja dan akan terlihat di bulan apa Anda memiliki tabungan lebih dan pengeluaran yang tak terkendali.

  1. Cerdas

Pada zaman ini kebanyakan semua orang tergiur untuk memakai kartu kredit. Setiap orang memiliki kebebasan dalam penggunaan kartu kredit tetapi harus disertakan kecerdasaan lebih dalam menggunakannya. Jangan terlalu tergiur dengan diskon yang ditawarkan kartu kredit. Jika kita tergiur maka semakin banyak kita menggunakannya tanpa ada batasan.

  1. Bijaksana

Banyak produk yang pasti disukai dan harus dimiliki seorang perempuan. Kebutuhan tersebut terbilang kebutuhan pelengkap saja tetapi bisa dipastikan perempuan akan dengan cepat untuk memenuhinya. Contoh barang tersebut ialah pakaian, aksesoris, dan makeup. Diperlukan menahan diri ketika ada rasa ingin membeli produk tersebut. Bijaksana untuk mencatat terlebih dahulu dan membuat angka prioritasnya.

Jika, keempat hal di atas sudah dilakukan, maka Anda senantiasa akan memiliki sistem finansial yang lebih rinci dan efisien. (*)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: