Mengenal Fakta Tentang Wisata Halal

Sebagai negara Muslim terbanyak di dunia, tentunya Indonesia juga memberikan kualitas halal tak hanya untuk makanan namun dalam bidang wisata.
, Majalah Kartini | 05/01/2017 - 20:30

wisata-halal

MajalahKartini.co.id – Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan berwisata mereka. Tren ini berawal dari meningkatnya populasi muslim dunia. Konsep wisata halal sendiri sebenarnya tak jauh beda dengan wisata pada umumnya. Kebutuhan tersebut seperti, adanya rumah makan bersertifikat halal, tersedianya masjid atau musholla hingga adanya fasilitas kolam renang terpisah antara pria dan wanita.

Seperti diungkapkan oleh Risma seorang traveller, bahwa wisata halal harus mencakup jangkauan semua yang dihalalkan dalam Muslim. “Kalau untuk wisata halal kan gak cuma makanan saja tetapi semua serba apa yang dihalalkan dalam ajaran Muslim, apalagi di Indonesia sendiri mayoritas Muslim jadi sebaiknya pemerintah mampu membuat turis Muslim dunia nyaman ketika berada di Indonesia,” papar perempuan pecinta hijab ini.

Populasi Muslim dunia sendiri diprediksi mencapai 26,5 persen di tahun 2030. Maka, wisata halal merupakan konsep pariwisata yang sangat berpotensi untuk dikembangkan. Sedangkan, di Indonesia sendiri merupakan wilayah berpenduduk Muslim paling besar di dunia.

Di tahun 2015, Indonesia pernah meraih penghargaan dari The Word Halal Travel & Summit Exhibition 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Penghargaan yang diraih Indonesia ini telah mengalahkan Malaysia, Abu Dhabi, Turki, Qatar, dan beberapa negara nominasi lainnya. Sementara, dalam acara World Halal Tourism Award 2016, Indonesia memberondong 12 dari 15 penghargaan untuk wisata halalnya. Lombok terpilih sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia.

Di Pulau Lombok Anda akan dimanjakan dengan tempat-tempat wisata halal yang indah dan menakjubkan seperti menikmati keindahan Gunung Rinjani, Danau Segara Anak, Pantai Tanjung Aan, Pantai Kuta Lombok, Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili Trawangan dan Gili Air atau menikmati bulan madu bersama pasangan ke Pulau Moyo. Lombok sendiri tidak hanya menawarkan tempat wisata namun, jika kita ketahui mayoritas penduduk Lombok sendiri adalah Muslim. Tak heran jika Lombok banyak memiliki tempat ibadah hingga mendapat julukan Pulau Seribu Masjid.

Sementara itu hotel-hotel di Pulau Lombok sudah menerapkan penginapan “Muslim Friendly” seperti petunjuk arah kiblat, peralatan sholat, kitab suci di dalam kamar dan lain sebagainya. Tak hanya di Lombok, Indonesia sendiri banyak memiliki wisata halal lainnya seperti di Sumatera Barat, Riau, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Timur, dan Makassar. Selain di Lombok, Pulau Bali juga memiliki sejumlah destinasi wisata halal yang bisa Anda coba. (Foto: kotawisataindonesia.com)

Tags: , , , ,

BAGIKAN HALAMAN INI: